Pages

Banner 468 x 60px

1
 

Sunday, June 16, 2013

Karena Menulis, Jadi Juara I Lomba Blogger

4 comments
Sejarah membuktikan bahwa hanya dengan hobi menulis bisa jadi hoki yang tidak terduga-duga... setelah meluangkan waktu cukup singkat alias sehari sebelum hari H lomba, artikelku yang berjudul "Aku ingin Jogja seperti Jantung yang Sehat" akhirnya bisa keluar sebagai pemenang I lomba blogger Jateng-DIY, yang disponsori oleh TVOne dan komunitas @obrolanmediajog, diselenggarakan di Zango Resto, daerah Mantrijeron, Sabtu (15/06/2013) kemarin. Sebenarnya sih ada dialog juga bersama bpk ARB (Aburizal Bakrie-tuu yang punya Lapindo) yang rupa-rupanya beliau mencalonkan diri menjadi Presiden, juga Mba Nia Ramadhani (seksiiiii buanget) bersama Pak Ardhi Bakrie.


Lanjut lagi... benar-benar tidak terkira, karena waktu itu aku dan temenku sudah keluar mau pulang karena jam menunjukkan sudah pukul 10 malam.... merasa tak ada hasil maksudnya, ee jebulane sampe di luar aku mendengar namaku dan judul artikelku disebut... ^___^

Langsung aku lari ke dalam, dan berdiri berjajar dengan para pemenang lainnya. Muk yo sik klewat, ga ono sik moto huhuhuhuhu :'( selain hadiah money, ada juga T-shirt gratis en makan sepuasnya grateeeesss hehehe puaasss...

Nah, masalah foto neh...untung aja aku search en browse banyak blog, eee adalah satu gambarku nyangkut hehehe...

Tuhan emang Maha Pengasih, ketika aku membuat suatu masalah yang membuat sedih, Tuhan memberikan kebahagiaan untuk membayar semua kesedihanku... God is THE BEST!

So, cintailah menulis sesuatu... apapun dimanapun... :)
Read more...

Wednesday, June 12, 2013

Aku Ingin Jogja Seperti Jantung yang Sehat

0 comments
Aku ingin Jogja menjadi kota impianku. Jika Jogja adalah sebuah jantung, maka aku ingin Jogja seperti jantung yang sehat, berdetak setiap hari dengan penuh semangat sehingga seluruh warga Jogja bisa mendapatkan kehidupan yang benar-benar Berhati Nyaman (bersih, sehat, indah dan nyaman).

Jantung yang menjadi sumber detak kehidupan bagi tubuh manusia, sama seperti dalam mimpiku, aku ingin Jogja menjadi tempat hidup yang layak dan nyaman bagi mereka yang datang dan tinggal di Jogja, mulai dari infrastruktur perkotaan seperti yang memenuhi standar ramah lingkungan dan tentunya tahan gempa mengingat pengalaman pahit beberapa waktu lalu. Tak lupa pula, tersedianya berbagai fasilitas pendukung perkotaan seperti istrik, air minum, gas, telpon dan internet, ruang terbuka hijau, arena bermain anak dan sarana olahraga, ditambah hidup para warganya yang sudah cukup terpenuhi mulai dari sandang, papan dan pangan. Aku ingin Jogja benar-benar nyaman!

Jantung yang menjadi organ vital dalam tubuh manusia yang wajib diperhatikan, seperti aku ingin Jogja dipenuhi orang-orang yang peduli dengan alam dan lingkungannya, menjaga kebersihan dengan penuh kesadaran agar Jogja menjadi kota yang indah. Selain itu, juga diberlakukannya Car Free Day untuk kawasan padat seperti Malioboro dan aksi sepeda sehat untuk hari-hari tertentu dapat mengurangi polusi yang ada. Aku ingin Jogja minim polusi!

Seperti jantung manusia yang sehat dapat memompa darah ke seluruh tubuh, memberikan oksigen ke paru-paru dan membuang karbondioksida,  sama halnya aku ingin Jogja menjadi sumber energi positif bagi mereka yang datang untuk belajar, mereka yang ingin menyusuri indahnya Jogja kemudian menemukan berbagai keistimewaan sebagai contoh beragam makanan yang murah meriah, yang membuat mereka tak kan pernah jemu untuk datang kembali, membuat mereka yang merasakan beban dan penat bisa mengalami semilirnya angin kedamaian yang menyejukkan hati siapapun yang datang ke Jogja. Hmm...

Aku ingin Jogja seperti jantung manusia yang sehat, memiliki saraf-saraf yang saling terhubung baik dengan organ lain, sama seperti warga Jogja yang memiliki rasa sosial dan toleransi yang tinggi, termasuk para pejabat dan wakil-wakilnya yang selalu tanggap cepat terhadap kekurangan yang dialami warganya, ditambah birokrasi dan prosedur pemerintah daerah Jogja yang jujur, taat hukum, tidak berbelit-belit dan mengedepankan kebutuhan warganya. Sungguh kehidupan yang harmonis!

Ketika melihat bentuk jantung manusia yang memiliki berbagai rongga dengan masing-masing katup pemisah, seperti kota Jogja yang dihuni oleh berbagai suku, etnis dan budaya beragam, namun tetap ada batas untuk menjaga kelestarian kebudayaan asli Jogja. Keberagaman itu dapat hidup berdampingan hingga memberikan kemudahan bagi pihak-pihak dalam negeri atau asing untuk berinvestasi di kota tercinta ini. Aku ingin Jogja seperti aslinya!

Menurut penelitian yang diberitakan di New York Times, tingkat detak jantung yang rendah di pagi hari mengindikasikan kesehatan yang baik serta efisiensi fungsi jantung yang optimal. Aku ingin Jogja seperti jantung yang sehat di pagi hari, tidak ada penampakan wajah-wajah tegang di pagi hari terburu-buru masuk kantor, emosi tinggi karena semrawut kendaraan yang menyebabkan kemacetan panjang hingga berjam-jam, namun yang ada adalah senyum mengembang dan keramahan warga satu sama lain, ditambah kemudahan menjangkau wilayah-wilayah tertentu sesuai keinginan, bahkan akses jalan di kota yang sangat mudah. This is simplicity of Jogja!

Aku ingin Jogja seperti jantung yang sehat, dan sebagai warga Jogja, mari kita cintai dan rawat kota Jogja menjadi kota yang benar-benar Berhati Nyaman, seperti tubuh yang tidak bisa hidup tanpa jantung yang sehat. Semoga impian aku ingin Jogja seperti jantung yang sehat akan terwujud suatu hari nanti.

Created by : Heni Pratiwi
Read more...

Tuesday, June 11, 2013

Kisi-kisi Ulangan Akhir Semester TIK

0 comments
Kisi-kisi Soal Ulangan Akhir Semester Kelas CI.1 Studi 3
1. Jenis software pengolah kata
2. Kegunaan software pengolah kata
3. Bagian-bagian jendela MS Word 2007
4. Icon dan ribbon MS Word 2007
5. Fungsi icon dan ribbon MS Word 2007
6. Mail Merge+Equation
7. Font effect+Change Case
8. Column

Kisi-Kisi soal Ulangan Kenaikan Kelas Kelas 7 Reguler Semester Genap
1. Jenis dan fungsi hardware
2. Contoh dan ciri-ciri hardware
3. Istilah hardware
4. Definisi dan contoh software
5. Kegunaan program aplikasi
6. WordArt
7. Pengaturan teks dan kertas di MS Word 2007
8. Shortcut MS Word 2007

Kisi-Kisi soal Ulangan Kenaikan Kelas 8 Reguler Semester Genap
1. Icon dan menu MS Excel 2007
2. Row and Column
3. Tabel dan Chart
4. Menyisipkan gambar
5. Fungsi Matematika : rata-rata, jumlah, hitung data, terbesar, terkecil
6. Fungsi teks : mid, left, right, concatenate, substitute, proper
7. Fungsi logika : if tunggal, if bercabang, if or

Selamat belajar ya anak-anak ;)
Read more...

Cara Membuat Score Quiz di Microsoft Power Point

3 comments
Setelah blogwalking cukup lama, akhirnya saya menemukan cara bagaimana membuat software Power Point dapat menghitung atau melakukan penilaian skor untuk kuis..

Berikut ini langkah-langkahnya:
 Buat soalnya dulu ya, abis itu di copy paste ke dalam slide Power Point
  1. Buat slide baru
  2. Buka jendela Macro dengan menekan tombol Alt + F11 secara bersamaan.
  3. Pilih menu Insert, Module dan copy paste script VB berikut:

Dim nilai As Integer
Dim konfirmasi As String
Sub mulai()
nilai = 0
ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next
End Sub
Sub benar()
konfirmasi = MsgBox(“Yakin dengan jawaban anda?”, vbYesNo, ” Cek Jawaban!”)
If konfirmasi = vbYes Then
nilai = nilai + 1
ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next
End If
End Sub
Sub salah()
konfirmasi = MsgBox(“Yakin dengan jawaban anda?”, vbYesNo, ” Cek Jawaban!”)
If konfirmasi = vbYes Then
ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next
End If
End Sub
Sub jawab()
‘tombol untuk selesai
MsgBox (” skor anda adalah ” & nilai)
End Sub

 

4. Sesuaikan Score soal, dengan mengganti angka 1, pada Nilai=nilai+1
5. Jika sudah, balik ke halaman Ms Powerpoint
6. Pada Slide ke-1 (digunakan untuk menampilkan Informasi tentang kuis), Ketikkan Judul Kuis / Semua Informasi tentang Kuis. Di bawah slide, buatlah Autoshape (tombol) dengan teks di dalamnya “Start Quiz” dengan cara :

  • Pilih menu Insert, Shape, Pilih Action Button, Custom. Buatlah bentuk Kotak.
  •  Selanjutnya akan muncul kotak dialog Action Setting, pilih Run Macro, dan pilih “mulai” dan Klik OK.
  •  Non-aktifkan Transisi, dengan menghilangkan tanda Checklist pada pilihan Transition, On mouse click. Hal ini supaya user hanya bisa menjalankan slide dengan menekan tombol “Start Quiz“.
7. Pada Slide ke-2, berisi soal kuis.
  • Setiap slide berisi 1 soal kuis.
  • Ketikkan Soal kuis yang ke-1 beserta Option-nya.
  • Masing- masing Option menempati Autoshape /TextBox yang berbeda. Jadi jika pada 1 soal terdapat 5 Option, maka harus ada Textbox / Autoshape dengan Jawaban didalamnya, sebanyak 5 buah.
8. Untuk membuat Option, lakukan seperti membuat Tombol “START QUIZ” tadi.

        Ketika tampil Kotak dialog Action Setting, pilih :

  • Pilihan Benar, untuk Option Jawaban yang  BENAR
  • Pilihan Salah, untuk Option Jawaban yang SALAH

        1 Soal, hanya berisi 1 jawaban benar selebihnya harus diberi action makro salah.
        Jika sudah, Klik OK.
        Ulangi untuk Option yang lain dengan pilihan Macro yang sesuai (BENAR/SALAH).

9. Ulangi langkah 4 untuk soal kuis yang lain, pada slide berikutnya.

10. Slide terakhir digunakan sebagai Review kuis atau bisa juga diberi tombol “Cek Nilai” untuk melihat hasil nilai kuis (ikuti langkah 3).

        Pada pilihan Run Macro, pilih “Jawab“
        Klik OK.

11. Terakhir simpan file anda. Untuk PowerPoint (2007 dan 2010) simpan dengan format PPTM (PowerPoint Macro – Enabled Presentation)
12. Abis itu tekan tombol F5, jalankan deh.

Read more...

widgets