WELCOME TO MY BLOG

widgets

New Face Miss Henny's Blog

Mencoba penampilan baru :)

Who am i ?

I'am a teacher of Information Technology :P

Tik tok tik tok

Life is long journey, nothing to loose, but make your own personality is the important thing

Love yourself

Before think about others :)

Wednesday, June 12, 2013

Aku Ingin Jogja Seperti Jantung yang Sehat

Aku ingin Jogja menjadi kota impianku. Jika Jogja adalah sebuah jantung, maka aku ingin Jogja seperti jantung yang sehat, berdetak setiap hari dengan penuh semangat sehingga seluruh warga Jogja bisa mendapatkan kehidupan yang benar-benar Berhati Nyaman (bersih, sehat, indah dan nyaman).

Jantung yang menjadi sumber detak kehidupan bagi tubuh manusia, sama seperti dalam mimpiku, aku ingin Jogja menjadi tempat hidup yang layak dan nyaman bagi mereka yang datang dan tinggal di Jogja, mulai dari infrastruktur perkotaan seperti yang memenuhi standar ramah lingkungan dan tentunya tahan gempa mengingat pengalaman pahit beberapa waktu lalu. Tak lupa pula, tersedianya berbagai fasilitas pendukung perkotaan seperti istrik, air minum, gas, telpon dan internet, ruang terbuka hijau, arena bermain anak dan sarana olahraga, ditambah hidup para warganya yang sudah cukup terpenuhi mulai dari sandang, papan dan pangan. Aku ingin Jogja benar-benar nyaman!

Jantung yang menjadi organ vital dalam tubuh manusia yang wajib diperhatikan, seperti aku ingin Jogja dipenuhi orang-orang yang peduli dengan alam dan lingkungannya, menjaga kebersihan dengan penuh kesadaran agar Jogja menjadi kota yang indah. Selain itu, juga diberlakukannya Car Free Day untuk kawasan padat seperti Malioboro dan aksi sepeda sehat untuk hari-hari tertentu dapat mengurangi polusi yang ada. Aku ingin Jogja minim polusi!

Seperti jantung manusia yang sehat dapat memompa darah ke seluruh tubuh, memberikan oksigen ke paru-paru dan membuang karbondioksida,  sama halnya aku ingin Jogja menjadi sumber energi positif bagi mereka yang datang untuk belajar, mereka yang ingin menyusuri indahnya Jogja kemudian menemukan berbagai keistimewaan sebagai contoh beragam makanan yang murah meriah, yang membuat mereka tak kan pernah jemu untuk datang kembali, membuat mereka yang merasakan beban dan penat bisa mengalami semilirnya angin kedamaian yang menyejukkan hati siapapun yang datang ke Jogja. Hmm...

Aku ingin Jogja seperti jantung manusia yang sehat, memiliki saraf-saraf yang saling terhubung baik dengan organ lain, sama seperti warga Jogja yang memiliki rasa sosial dan toleransi yang tinggi, termasuk para pejabat dan wakil-wakilnya yang selalu tanggap cepat terhadap kekurangan yang dialami warganya, ditambah birokrasi dan prosedur pemerintah daerah Jogja yang jujur, taat hukum, tidak berbelit-belit dan mengedepankan kebutuhan warganya. Sungguh kehidupan yang harmonis!

Ketika melihat bentuk jantung manusia yang memiliki berbagai rongga dengan masing-masing katup pemisah, seperti kota Jogja yang dihuni oleh berbagai suku, etnis dan budaya beragam, namun tetap ada batas untuk menjaga kelestarian kebudayaan asli Jogja. Keberagaman itu dapat hidup berdampingan hingga memberikan kemudahan bagi pihak-pihak dalam negeri atau asing untuk berinvestasi di kota tercinta ini. Aku ingin Jogja seperti aslinya!

Menurut penelitian yang diberitakan di New York Times, tingkat detak jantung yang rendah di pagi hari mengindikasikan kesehatan yang baik serta efisiensi fungsi jantung yang optimal. Aku ingin Jogja seperti jantung yang sehat di pagi hari, tidak ada penampakan wajah-wajah tegang di pagi hari terburu-buru masuk kantor, emosi tinggi karena semrawut kendaraan yang menyebabkan kemacetan panjang hingga berjam-jam, namun yang ada adalah senyum mengembang dan keramahan warga satu sama lain, ditambah kemudahan menjangkau wilayah-wilayah tertentu sesuai keinginan, bahkan akses jalan di kota yang sangat mudah. This is simplicity of Jogja!

Aku ingin Jogja seperti jantung yang sehat, dan sebagai warga Jogja, mari kita cintai dan rawat kota Jogja menjadi kota yang benar-benar Berhati Nyaman, seperti tubuh yang tidak bisa hidup tanpa jantung yang sehat. Semoga impian aku ingin Jogja seperti jantung yang sehat akan terwujud suatu hari nanti.

Created by : Heni Pratiwi

Tuesday, June 11, 2013

Kisi-kisi Ulangan Akhir Semester TIK

Kisi-kisi Soal Ulangan Akhir Semester Kelas CI.1 Studi 3
1. Jenis software pengolah kata
2. Kegunaan software pengolah kata
3. Bagian-bagian jendela MS Word 2007
4. Icon dan ribbon MS Word 2007
5. Fungsi icon dan ribbon MS Word 2007
6. Mail Merge+Equation
7. Font effect+Change Case
8. Column

Kisi-Kisi soal Ulangan Kenaikan Kelas Kelas 7 Reguler Semester Genap
1. Jenis dan fungsi hardware
2. Contoh dan ciri-ciri hardware
3. Istilah hardware
4. Definisi dan contoh software
5. Kegunaan program aplikasi
6. WordArt
7. Pengaturan teks dan kertas di MS Word 2007
8. Shortcut MS Word 2007

Kisi-Kisi soal Ulangan Kenaikan Kelas 8 Reguler Semester Genap
1. Icon dan menu MS Excel 2007
2. Row and Column
3. Tabel dan Chart
4. Menyisipkan gambar
5. Fungsi Matematika : rata-rata, jumlah, hitung data, terbesar, terkecil
6. Fungsi teks : mid, left, right, concatenate, substitute, proper
7. Fungsi logika : if tunggal, if bercabang, if or

Selamat belajar ya anak-anak ;)

Cara Membuat Score Quiz di Microsoft Power Point

Setelah blogwalking cukup lama, akhirnya saya menemukan cara bagaimana membuat software Power Point dapat menghitung atau melakukan penilaian skor untuk kuis..

Berikut ini langkah-langkahnya:
 Buat soalnya dulu ya, abis itu di copy paste ke dalam slide Power Point
  1. Buat slide baru
  2. Buka jendela Macro dengan menekan tombol Alt + F11 secara bersamaan.
  3. Pilih menu Insert, Module dan copy paste script VB berikut:

Dim nilai As Integer
Dim konfirmasi As String
Sub mulai()
nilai = 0
ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next
End Sub
Sub benar()
konfirmasi = MsgBox(“Yakin dengan jawaban anda?”, vbYesNo, ” Cek Jawaban!”)
If konfirmasi = vbYes Then
nilai = nilai + 1
ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next
End If
End Sub
Sub salah()
konfirmasi = MsgBox(“Yakin dengan jawaban anda?”, vbYesNo, ” Cek Jawaban!”)
If konfirmasi = vbYes Then
ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next
End If
End Sub
Sub jawab()
‘tombol untuk selesai
MsgBox (” skor anda adalah ” & nilai)
End Sub

 

4. Sesuaikan Score soal, dengan mengganti angka 1, pada Nilai=nilai+1
5. Jika sudah, balik ke halaman Ms Powerpoint
6. Pada Slide ke-1 (digunakan untuk menampilkan Informasi tentang kuis), Ketikkan Judul Kuis / Semua Informasi tentang Kuis. Di bawah slide, buatlah Autoshape (tombol) dengan teks di dalamnya “Start Quiz” dengan cara :

  • Pilih menu Insert, Shape, Pilih Action Button, Custom. Buatlah bentuk Kotak.
  •  Selanjutnya akan muncul kotak dialog Action Setting, pilih Run Macro, dan pilih “mulai” dan Klik OK.
  •  Non-aktifkan Transisi, dengan menghilangkan tanda Checklist pada pilihan Transition, On mouse click. Hal ini supaya user hanya bisa menjalankan slide dengan menekan tombol “Start Quiz“.
7. Pada Slide ke-2, berisi soal kuis.
  • Setiap slide berisi 1 soal kuis.
  • Ketikkan Soal kuis yang ke-1 beserta Option-nya.
  • Masing- masing Option menempati Autoshape /TextBox yang berbeda. Jadi jika pada 1 soal terdapat 5 Option, maka harus ada Textbox / Autoshape dengan Jawaban didalamnya, sebanyak 5 buah.
8. Untuk membuat Option, lakukan seperti membuat Tombol “START QUIZ” tadi.

        Ketika tampil Kotak dialog Action Setting, pilih :

  • Pilihan Benar, untuk Option Jawaban yang  BENAR
  • Pilihan Salah, untuk Option Jawaban yang SALAH

        1 Soal, hanya berisi 1 jawaban benar selebihnya harus diberi action makro salah.
        Jika sudah, Klik OK.
        Ulangi untuk Option yang lain dengan pilihan Macro yang sesuai (BENAR/SALAH).

9. Ulangi langkah 4 untuk soal kuis yang lain, pada slide berikutnya.

10. Slide terakhir digunakan sebagai Review kuis atau bisa juga diberi tombol “Cek Nilai” untuk melihat hasil nilai kuis (ikuti langkah 3).

        Pada pilihan Run Macro, pilih “Jawab“
        Klik OK.

11. Terakhir simpan file anda. Untuk PowerPoint (2007 dan 2010) simpan dengan format PPTM (PowerPoint Macro – Enabled Presentation)
12. Abis itu tekan tombol F5, jalankan deh.

Sunday, May 26, 2013

Kisi-Kisi Soal Ulangan Praktek TIK SMP

Berikut kisi-kisi soal ulangan harian praktek TIK SMP kelas CI.1 Studi 3



Petunjuk Pengerjaan
1. Download Soal Ulangan Praktek
2. Simpan di folder D: , beri nama dan kelas/no
3. Kerjakan dengan teliti

4. Kirim hasilnya via email heni.pr@gmail.com
5. Selamat mengerjakan !

Tuesday, May 21, 2013

Informasi Teknis Soal UKG 2013

Petunjuk Teknis soal UKG 2013


Monday, May 20, 2013

Contoh Soal Pedagogik UKG 2013

Wah udah mau UKG neh... kebetulan udah nemu beberapa contoh soal UKG (UKA) 2013 ne, apalagi yang pedagogik yang biasanya agak susah tu..

Bisa download aje di sini SOAL PEDAGOGIK UKG 2013

Tuesday, May 7, 2013

Kompetisi Pengembangan Blog Pembelajaran 2013

Kali ini ada kesempatan lagi untuk lomba blog... hampir saja kulupakan blog walking-ku gara-gara sibuk bikin media pembelajaran... byuh byuh...
buat Anda yang ingin ikut lomba blog pembelajaran untuk mahasiswa dan guru, ini neh info-nya langsung diambil dari www.usd.ac.id  :

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma di Tahun 2013 menyelenggarakan kembali lomba bagi guru dan mahasiswa yaitu Lomba Pengembangan Blog Pembelajaran dengan ketentuan sebagai berikut:

PROSEDUR PENDAFTARAN
Berikut adalah prosedur pendaftaran peserta Lomba Pengembangan Blog Pembelajaran:
  • Mengirim alamat blog/URL yang akan dilombakan ke alamat email: fkip@usd.ac.id
  • Membayar uang pendaftaran ke 
  • Bank CIMBNIAGA 
  • Nomor Rekening 9880100134180
  • atas nama Antonius Irianto Sukendar
  • Rp 25.000,- untuk mahasiswa LPTK atau
  • Rp 50.000,- untuk Guru-Guru semua jenjang se Jateng-DIY.
  • Bukti pembayaran discan dilampirkan dalam pengiriman alamat blog/URL atau bisa difax 0274-562383.
  • Periode lomba 14 Maret 2013 – 14 Mei 2013
Lomba Pengembangan Multimedia Pembelajaran ini diperuntukan bagi:
  • Guru Jenjang TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK dan sederajat se Jawa Tengah-DIY.
  • Mahasiswa LPTK/FKIP se Jawa Tengah-DIY.
  • Lomba bersifat perorangan.
Berikut adalah beberapa kriteria yang akan dinilai oleh team juri, supaya blog pembelajaran yang anda kembangkan memenuhi kriteria maka gunakan kriteria berikut ini:
  • Aspek Umum yang meliputi: Keluasan materi dikembangkan 1 (satu) Kompetensi Dasar, Pengembangan blog pembelajaran ini menggunakan layanan blog gratis (blogspot, wordpress dan lain-lain), Blog pembelajaran yang dikembangkan memuat hyperlink ke sumber belajar lain.
  • Aspek Tampilan yang meliputi: Pemilihan tema, Keserasian warna tulisan denganbackground, Ketepatan pemilihan jenis huruf, Ketepatan ukuran huruf, Kejelasan gambar/tabel, Komposisi tiap halaman blog, Layout setiap halaman blog, Kemenarikan desain blog.
  • Aspek Penyajian yang meliputi: Penyajian materi dengan media tidak berlebihan, Kata-kata/gambar ringkas/to the point, Penyajian materi dengan lebih dari satu media, Bahasa bersifat komunikatif/tidak formal,Bahasa baku dan mudah dipahami.
  • Apek Pemrograman yang meliputi: Penyediaan fasilitas berinteraksi antara user dengan blog, Kemudahan berinteraksi antara user dengan blog, Keberfungsian hyperlink, Kejelasan struktur navigasi, Kejelasan petunjuk penggunaan, Kelancaran akses blog, Keunikan blog.
  • Aspek Pembelajaran yang meliputi: Kelengkapan komponen pembelajaran, Kesesuaian antar komponen pembelajaran, Kejelasan sasaran/pengguna blog, Variasi cara penyajian materi, Kejelasan penyajian materi, Kemenarikan penyajian komponen pembelajaran, Kejelasan petunjuk penggunaan, Kesesuaian jumlah soal latihan dengan cakupan materi, Variasi bentuk soal latihan, Ketepatan jenis/bentuk soal latihan.
  • Aspek Isi yang meliputi: Kecukupan materi untuk pencapaian kompetensi dasar, Kebenaran isi/konsep, Kejelasan materi/konsep, Aktualitas materi, Sistematika penyajian materi, Penyediaan contoh kasus untuk membantu memahami materi, Tingkat kesulitan soal, Efektifitas kalimat, Kejelasan bahasa, Ketepatan bahasa.
Berikut hadiah yang disediakan untuk masing-masing jenjang/kategori:
  • Guru TK/RA/SD/MI
  • Juara I: Sertifikat dan Uang Pembinaan Rp.2.000.000,00
  • Juara II: Sertifikat dan Uang Pembinaan Rp.1.500.000,00
  • Juara III: Sertifikat dan Uang Pembinaan Rp.1.000.000,00
  • Guru SMP/MTS
  • Juara I: Sertifikat dan Uang Pembinaan Rp.2.000.000,00
  • Juara II: Sertifikat dan Uang Pembinaan Rp.1.500.000,00
  • Juara III: Sertifikat dan Uang Pembinaan Rp.1.000.000,00
  • Guru SMA/MA/SMK/MAK
  • Juara I: Sertifikat dan Uang Pembinaan Rp.2.000.000,00
  • Juara II: Sertifikat dan Uang Pembinaan Rp.1.500.000,00
  • Juara III: Sertifikat dan Uang Pembinaan Rp.1.000.000,00
  • Mahasiswa LPTK/FKIP
  • Juara I: Sertifikat dan Uang Pembinaan Rp.2.000.000,00
  • Juara II: Sertifikat dan Uang Pembinaan Rp.1.500.000,00
  • Juara III: Sertifikat dan Uang Pembinaan Rp.1.000.000,00
RUANG DEKANAT
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)
UNIVERSITAS SANATA DHARMA, YOGYAKARTA
LANTAI 2, KAMPUS I, MRICAN UNIT SELATAN
Jl. Affandi (Gejayan), Mrican, Yogyakarta.
Telp. (0274) 513301 ext: 1413  Fax. (0274) 562383
Email: fkip@usd.ac.id




PESERTA LOMBA

KRITERIA BLOG PEMBELAJARAN

HADIAH LOMBA

SEKRETARIAT LOMBA DAN SEMINAR

CONTACT PERSON
Sdr. Antok: 0878.3818.7255
Sdr. Setya: 0815.790.5756
Sdr. Heri: 0812.276.2592; 0877.3816.4697; 0856.4313.4367

so wanna join this? :)

Monday, May 6, 2013

TUGAS TIK KELAS 8D DAN 8B

Berikut adalah Tugas TIK Kelas 8D

Buatlah tabel berikut di selembar kertas, kemudian isi sel-sel yang kosong dengan menuliskan rumus/formulanya (BOLEH DICOBA DI LAPTOP/KOMPUTER PERPUSTAKAAN)atau lihat di panduan


Bacalah ketentuan soal berikut (Tidak Perlu Ditulis) :
Gunakan rumus IF biasa untuk uang kuliah, jurusan dan jumlah SKS.

Jangan lupa tugas diberi nama dan kelas/no. dikirim via email heni_pr@gmail.com.
Thx. Ibu Heni