WELCOME TO MY BLOG

widgets

New Face Miss Henny's Blog

Mencoba penampilan baru :)

Who am i ?

I'am a teacher of Information Technology :P

Tik tok tik tok

Life is long journey, nothing to loose, but make your own personality is the important thing

Love yourself

Before think about others :)

Monday, March 26, 2012

Model Pembelajaran VS Metode Pembelajaran


Rada bingung juga beda antara model dan metode pembelajaran. Menurut saya sih, kalau metode dan model itu hampir sama, hanya saja bedanya kalau metode itu lebih kepada cara-cara yang dilakukan guru untuk mencapai sasaran dan tujuan, juga penguasaan kelas. Nah, kalau model pembelajaran sih menurut saya lebih kepada desain yang digunakan guru untuk gaya belajar anak atau kerangka konsep yang rasional sesuai dengan sikon yang dihadapi. Berikut ini disajikan beberapa MODEL PEMBELAJARAN :

1.    Koperatif (CL, Cooperative Learning).
Pembelajaran koperatif sesuai dengan fitrah manusia sebagai makhluk sosial yang penuh ketergantungan dengan orang lain, mempunyai tujuan dan tanggung jawab bersama, pembagian tugas, dan rasa senasib. Dengan memanfaatkan kenyatan itu, belajar berkelompok secara koperatif, siswa dilatih dan dibiasakan untuk saling berbagi (sharing) pengetahuan, pengalaman, tugas, tanggung jawab. Saling membantu dan berlatih beinteraksi-komunikasi-sosialisasi karena koperatif adalah miniature dari hidup bermasyarakat, dan belajar menyadari kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Jadi model pembelajaran koperatif adalah kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerja sama saling membantu mengkontruksi konsep, menyelesaikan persoalan, atau inkuiri. Menurut teori dan pengalaman agar kelompok kohesif (kompak-partisipatif), tiap anggota kelompok terdiri dari 4 - 5 orang, siswa heterogen (kemampuan, gender, karekter), ada control dan fasilitasi, dan meminta tanggung jawab hasil kelompok berupa laporan atau presentasi.
Sintaks pembelajaran koperatif adalah informasi, pengarahan-strategi, membentuk kelompok heterogen, kerja kelompok, presentasi hasil kelompok, dan pelaporan.

2.    Kontekstual (CTL, Contextual Teaching and Learning)
Pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran yang dimulai dengan sajian atau tanya jawab lisan (ramah, terbuka, negosiasi) yang terkait dengan dunia nyata kehidupan siswa (daily life modeling), sehingga akan terasa manfaat dari materi yang akan disajkan, motivasi belajar muncul, dunia pikiran siswa menjadi konkret, dan suasana menjadi kondusif - nyaman dan menyenangkan. Prinsip pembelajaran kontekstual adalah aktivitas siswa, siswa melakukan dan mengalami, tidak hanya menonton dan mencatat, dan pengembangan kemampuan sosialisasi.

Ada tujuh indikator pembelajaran kontekstual sehingga bisa dibedakan dengan model lainnya, yaitu modeling (pemusatan perhatian, motivasi, penyampaian kompetensi-tujuan, pengarahan-petunjuk, rambu-rambu, contoh), questioning (eksplorasi, membimbing, menuntun, mengarahkan, mengembangkan, evaluasi, inkuiri, generalisasi), learning community (seluruh siswa partisipatif dalam belajar kelompok atau individual, minds-on, hands-on, mencoba, mengerjakan), inquiry (identifikasi, investigasi, hipotesis, konjektur, generalisasi, menemukan), constructivism (membangun pemahaman sendiri, mengkonstruksi konsep-aturan, analisis-sintesis), reflection (reviu, rangkuman, tindak lanjut), authentic assessment (penilaian selama proses dan sesudah pembelajaran, penilaian terhadap setiap aktvitas-usaha siswa, penilaian portofolio, penilaian seobjektif-objektifnya dari berbagai aspek dengan berbagai cara).

3.    Realistik (RME, Realistic Mathematics Education)
Realistic Mathematics Education (RME) dikembangkan oleh Freud di Belanda dengan pola guided reinvention dalam mengkontruksi konsep-aturan melalui process of mathematization, yaitu matematika horizontal (tools, fakta, konsep, prinsip, algoritma, aturan untuk digunakan dalam menyelesaikan persoalan, proses dunia empirik) dan vertikal (reoorganisasi matematik melalui proses dalam dunia rasio, pengembangan matematika).
Prinsip RME adalah aktivitas (doing) konstruksivis, realitas (kebermaknaan proses-aplikasi), pemahaman (menemukan-informal daam konteks melalui refleksi, informal ke formal), inter-twinment (keterkaitan-intekoneksi antar konsep), interaksi (pembelajaran sebagai aktivitas sosial, sharing), dan bimbingan (dari guru dalam penemuan).

4.    Pembelajaran Langsung (DL, Direct Learning)
Pengetahuan yang bersifat informasi dan prosedural yang menjurus pada keterampilan dasar akan lebih efektif jika disampaikan dengan cara pembelajaran langsung. Sintaknya adalah menyiapkan siswa, sajian informasi dan prosedur, latihan terbimbing, refleksi, latihan mandiri, dan evaluasi. Cara ini sering disebut dengan metode ceramah atau ekspositori (ceramah bervariasi).

5.    Pembelajaran Berbasis masalah (PBL, Problem Based Learning)
Kehidupan adalah identik dengan menghadapi masalah. Model pembelajaran ini melatih dan mengembangkan kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang berorientasi pada masalah otentik dari kehidupan aktual siswa, untuk merangsang kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kondisi yang tetap hatrus dipelihara adalah suasana kondusif, terbuka, negosiasi, demokratis, suasana nyaman dan menyenangkan agar siswa dapat berpikir optimal.
Indikator model pembelajaran ini adalah metakognitif, elaborasi (analisis), interpretasi, induksi, identifikasi, investigasi, eksplorasi, konjektur, sintesis, generalisasi, dan inkuiri

6.    Problem Solving
Dalam hal ini masalah didefinisikan sebagai suatu persoalan yang tidak rutin, belum dikenal cara penyelesaiannya. Justru problem solving adalah mencari atau menemukan cara penyelesaian (menemukan pola, aturan, .atau algoritma). Sintaknya adalah: sajikan permasalahan yang memenuhi kriteria di atas, siswa berkelompok atau individual mengidentifikasi pola atau aturan yang disajikan, siswa mengidentifkasi, mengeksplorasi,menginvestigasi, menduga, dan akhirnya menemukan solusi.

7.    Problem Posing
Bentuk lain dari problem posing adalah problem posing, yaitu pemecahan masalah dengan melalui elaborasi, yaitu merumuskan kembali masalah menjadi bagian-bagian yang lebih simple sehingga dipahami. Sintaknya adalah: pemahaman, jalan keluar, identifikasi kekeliruan, menimalisasi tulisan-hitungan, cari alternative, menyusun soal-pertanyaan.

8.    Problem Terbuka (OE, Open Ended)
Pembelajaran dengan problem (masalah) terbuka artinya pembelajaran yang menyajikan permasalahan dengan pemecahan berbagai cara (flexibility) dan solusinya juga bisa beragam (multi jawab, fluency). Pembelajaran ini melatih dan menumbuhkan orisinilitas ide, kreativitas, kognitif tinggi, kritis, komunikasi-interaksi, sharing, keterbukaan, dan sosialisasi. Siswa dituntut untuk berimprovisasi mengembangkan metode, cara, atau pendekatan yang bervariasi dalam memperoleh jawaban, jawaban siswa beragam. Selanjutnya siswa juga diminta untuk menjelaskan proses mencapai jawaban tersebut. Dengan demikian model pembelajaran ini lebih mementingkan proses daripada produk yang akan membentuk pola pikir, keterpasuan, keterbukaan, dan ragam berpikir.
Sajian masalah haruslah kontekstual kaya makna secara matematik (gunakan gambar, diagram, table), kembangkan permasalahan sesuai dengan kemampuan berpikir siswa, kaitkan dengan materi selanjutnya, siapkan rencana bimibingan (sedikit demi sedikit dilepas mandiri).
Sintaknya adalah menyajikan masalah, pengorganisasian pembelajaran, perhatikan dan catat respon siswa, bimbingan dan pengarahan, membuat kesimpulan.

9.    Probing-prompting
Teknik probing-prompting adalah pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan setiap siswa dan pengalamannya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Selanjutnya siswa mengkonstruksi konsep-prinsip-aturan menjadi pengetahuan baru, dengan demikian pengetahuan baru tidak diberitahukan.
Dengan model pembelajaran ini proses tanya jawab dilakukan dengan menunjuk siswa secara acak sehingga setiap siswa mau tidak mau harus berpartisipasi aktif, siswa tidak bisa menghindar dari proses pembelajaran, setiap saat ia bisa dilibatkan dalam proses tanya jawab. Kemungkinan akan terjadi suasana tegang, namun demikian bisa dibiasakan. Untuk mengurangi kondisi tersebut, guru hendaknya serangkaian pertanyaan disertai dengan wajah ramah, suara menyejukkan, nada lembut. Ada canda, senyum, dan tertawa, sehingga suasana menjadi nyaman, menyenangkan, dan ceria. Jangan lupa, bahwa jawaban siswa yang salah harus dihargai karena salah adalah cirinya dia sedang belajar, ia telah berpartisipasi

10.    Pembelajaran Bersiklus (cycle learning)
Ramsey (1993) mengemukakan bahwa pembelajaran efektif secara bersiklus, mulai dari eksplorasi (deskripsi), kemudian eksplanasi (empiric), dan diakhiri dengan aplikasi (aduktif). Eksplorasi berarti menggali pengetahuan prasyarat, eksplanasi berarti mengenalkan konsep baru dan alternative pemecahan, dan aplikasi berarti menggunakan konsep dalam konteks yang berbeda.

11.    Reciprocal Learning
Weinstein & Meyer (1998) mengemukakan bahwa dalam pembelajaran harus memperhatikan empat hal, yaitu bagaimana siswa belajar, mengingat, berpikir, dan memotivasi diri. Sedangkan Resnik (1999) mengemukan bahwa belajar efektif dengan cara membaca bermakna, merangkum, bertanya, representasi, hipotesis.
Untuk mewujudkan belajar efektif, Donna Meyer (1999) mengemukakan cara pembelajaran resiprokal, yaitu: informasi, pengarahan, berkelompok mengerjakan LKSD-modul, membaca-merangkum.

12.    SAVI
Pembelajaran SAVI adalah pembelajaran yang menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan semua alat indra yang dimiliki siswa. Istilah SAVI sendiri adalah kependekan dari: Somatic yang bermakna gerakan tubuh (hands-on, aktivitas fisik) di mana belajar dengan mengalami dan melakukan; Auditory yang bermakna bahwa belajar haruslah dengan melaluui mendengarkan, menyimak, berbicara, presentasi, argumentasi, mengemukakan penndepat, dan menanggapi; Visualization yang bermakna belajar haruslah menggunakan indra mata melalui mengamati, menggambar, mendemonstrasikan, membaca, menggunakan media dan alat peraga; dan Intellectualy yang bermakna bahwa belajar haruslah menggunakan kemampuan berpikir (minds-on) belajar haruslah dengan konsentrasi pikiran dan berlatih menggunakannya melalui bernalar, menyelidiki, mengidentifikasi, menemukan, mencipta, mengkonstruksi, memecahkan masalah, dan menerapkan.

13.    TGT (Teams Games Tournament)
Penerapan model ini dengan cara mengelompokkan siswa heterogen, tugas tiap kelompok bisa sama bisa berbeda. Setelah memperoleh tugas, setiap kelompok bekerja sama dalam bentuk kerja individual dan diskusi. Usahakan dinamika kelompok kohesif dan kompak serta tumbuh rasa kompetisi antar kelompok, suasana diskusi nyaman dan menyenangkan seperti dalam kondisi permainan (games) yaitu dengan cara guru bersikap terbuka, ramah , lembut, santun, dan ada sajian bodoran. Setelah selesai kerja kelompok sajikan hasil kelompok sehingga terjadi diskusi kelas.
Jika waktunya memungkinkan TGT bisa dilaksanakan dalam beberapa pertemuan, atau dalam rangka mengisi waktu sesudah UAS menjelang pembagian raport. Sintaknya adalah sebagai berikut:
a. Buat kelompok siswa heterogen 4 orang kemudian berikan informasi pokok materi dan mekanisme kegiatan

b. Siapkan meja turnamen secukupnya, missal 10 meja dan untuk tiap meja ditempati 4 siswa yang berkemampuan setara, meja I diisi oleh siswa dengan level tertinggi dari tiap kelompok dan seterusnya sampai meja ke-X ditepati oleh siswa yang levelnya paling rendah. Penentuan tiap siswa yang duduk pada meja tertentu adalah hasil kesepakatan kelompok.

c. Selanjutnya adalah pelaksanaan turnamen, setiap siswa mengambil kartu soal yang telah disediakan pada tiap meja dan mengerjakannya untuk jangka waktu terttentu (misal 3 menit). Siswa bisa mengerjakan lebih dari satu soal dan hasilnya diperiksa dan dinilai, sehingga diperoleh skor turnamen untuk tiap individu dan sekaligus skor kelompok asal. Siswa pada tiap meja turnamen sesuai dengan skor yang diperolehnya diberikan sebutan (gelar) superior, very good, good, medium.

d. Bumping, pada turnamen kedua ( begitu juga untuk turnamen ketiga-keempat dst.), dilakukan pergeseran tempat duduk pada meja turnamen sesuai dengan sebutan gelar tadi, siswa superior dalam kelompok meja turnamen yang sama, begitu pula untuk meja turnamen yang lainnya diisi oleh siswa dengan gelar yang sama.

e. Setelah selesai hitunglah skor untuk tiap kelompok asal dan skor individual, berikan penghargaan kelompok dan individual.

14.    VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic)
Model pembelajaran ini menganggap bahwa pembelajaran akan efektif dengan memperhatikan ketiga hal tersebut di atas, dengan perkataan lain manfaatkanlah potensi siwa yang telah dimilikinya dengan melatih, mengembangkannya. Istilah tersebut sama halnya dengan istilah pada SAVI, dengan somatic ekuivalen dengan kinesthetic.

15.    AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition)
Model pembelajaran ini mirip dengan SAVI dan VAK, bedanya hanyalah pada Repetisi yaitu pengulangan yang bermakna pendalaman, perluasan, pemantapan dengan cara siswa dilatih melalui pemberian tugas atau quis.

16.    TAI (Team Assisted Individualy)
Terjemahan bebas dari istilah di atas adalah Bantuan Individual dalam Kelompok (BidaK) dengan karateristirk bahwa (Driver, 1980) tanggung jawab belajar adalah pada siswa. Oleh karena itu siswa harus membangun pengetahuan tidak menerima bentuk jadi dari guru. Pola komunikasi guru-siswa adalah negosiasi dan bukan imposisi-intruksi.
Sintaksi BidaK menurut Slavin (1985) adalah: (1) buat kelompok heterogen dan berikan bahan ajar berupak modul, (2) siswa belajar kelompok dengan dibantu oleh siswa pandai anggota kelompok secara individual, saling tukar jawaban, saling berbagi sehingga terjadi diskusi, (3) penghargaan kelompok dan refleksi serta tes formatif.

17.    STAD (Student Teams Achievement Division)
STAD adalah salah satu model pembelajaran koperatif dengan sintaks: pengarahan, buat kelompok heterogen (4-5 orang), diskusikan bahan belajar-LKS-modul secara kolabratif, sajian-presentasi kelompok sehingga terjadi diskusi kelas, kuis individual dan buat skor perkembangan tiap siswa atau kelompok, umumkan rekor tim dan individual dan berikan reward.

18.    NHT (Numbered Head Together)
NHT adalah salah satu tipe dari pembelajaran koperatif dengan sintaks: pengarahan, buat kelompok heterogen dan tiap siswa memiliki nomor tertentu, berikan persoalan materi bahan ajar (untuk tiap kelompok sama tapi untuk tiap siswa tidak sama sesuai dengan nomor siswa, tiap siswa dengan nomor sama mendapat tugas yang sama) kemudian bekerja kelompok, presentasi kelompok dengan nomor siswa yang sama sesuai tugas masing-masing sehingga terjadi diskusi kelas, kuis individual dan buat skor perkembangan tiap siswa, umumkan hasil kuis dan beri reward.

19.    Jigsaw
Model pembelajaran ini termasuk pembelajaran koperatif dengan sintaks seperti berikut ini. Pengarahan, informasi bahan ajar, buat kelompok heterogen, berikan bahan ajar (LKS) yang terdiri dari beberapa bagian sesuai dengan banyak siswa dalam kelompok, tiap anggota kelompok bertugas membahas bagian tertentu, tiap kelompok bahan belajar sama, buat kelompok ahli sesuai bagian bahan ajar yang sama sehingga terjadi kerja sama dan diskusi, kembali ke kelompok asal, pelaksanaan tutorial pada kelompok asal oleh anggota kelompok ahli, penyimpulan dan evaluasi, refleksi.

20.    TPS (Think Pairs Share)
Model pembelajaran ini tergolong tipe koperatif dengan sintaks: Guru menyajikan materi klasikal, berikan persoalan kepada siswa dan siswa bekerja kelompok dengan cara berpasangan sebangku-sebangku (think-pairs), presentasi kelompok (share), kuis individual, buat skor perkembangan tiap siswa, umumkan hasil kuis dan berikan reward.

21.    GI (Group Investigation)
Model koperatif tipe GI dengan sintaks: Pengarahan, buat kelompok heterogen dengan orientasi tugas, rencanakan pelaksanaan investigasi, tiap kelompok menginvestigasi proyek tertentu (bisa di luar kelas, misal mengukur tinggi pohon, mendata banyak dan jenis kendaraan di dalam sekolah, jenis dagangan dan keuntungan di kantin sekolah, banyak guru dan staf sekolah), pengolahan data penyajian data hasil investigasi, presentasi, kuis individual, buat skor perkembangan siswa, umumkan hasil kuis dan berikan reward.

22.    MEA (Means-Ends Analysis)
Model pembelajaran ini adalah variasi dari pembelajaran dengan pemecahan masalah dengan sintaks: sajikan materi dengan pendekatan pemecahan masalah berbasis heuristic, elaborasi menjadi sub-sub masalah yang lebih sederhana, identifikasi perbedaan, susun sub-sub masalah sehingga terjadi koneksivitas, pilih strategi solusi.

23.    CPS (Creative Problem Solving)
Ini juga merupakan variasi dari pembelajaran dengan pemecahan masalah melalui teknik sistematik dalam mengorganisasikan gagasan kreatif untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Sintaksnya adalah: mulai dari fakta aktual sesuai dengan materi bahan ajar melalui tanya jawab lisan, identifikasi permasalahan dan fokus-pilih, mengolah pikiran sehingga muncul gagasan orisinil untuk menentukan solusi, presentasi dan diskusi.

24.    TTW (Think Talk Write)
Pembelajaran ini dimulai dengan berpikir melalui bahan bacaan (menyimak, mengkritisi, dan alternative solusi), hasil bacaannya dikomunikasikan dengan presentasi, diskusi, dan kemudian buat laporan hasil presentasi. Sintaknya adalah: informasi, kelompok (membaca-mencatatat-menandai), presentasi, diskusi, melaporkan.

25.    TS-TS (Two Stay - Two Stray)
Pembelajaran model ini adalah dengan cara siswa berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan kelompok lain. Sintaknya adalah kerja kelompok, dua siswa bertamu ke kelompok lain dan dua siswa lainnya tetap di kelompoknya untuk menerima dua orang dari kelompok lain, kerja kelompok, kembali ke kelompok asal, kerja kelompok, laporan kelompok.

26.    CORE (Connecting, Organizing, Refleting, Extending)
Sintaknya adalah (C) koneksi informasi lama-baru dan antar konsep, (0) organisasi ide untuk memahami materi, (R) memikirkan kembali, mendalami, dan menggali, (E) mengembangkan, memperluas, menggunakan, dan menemukan.

27.    SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review)
Pembelajaran ini adalah strategi membaca yang dapat mengembangkan meta kognitif siswa, yaitu dengan menugaskan siswa untuk membaca bahan belajar secara seksama-cermat, dengan sintaks: Survey dengan mencermati teks bacaan dan mencatat-menandai kata kunci, Question dengan membuat pertanyaan (mengapa-bagaimana, darimana) tentang bahan bacaan (materi bahan ajar), Read dengan membaca teks dan cari jawabanya, Recite dengan pertimbangkan jawaban yang diberikan (catat-bahas bersama), dan Review dengan cara meninjau ulang menyeluruh

28.    SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review)
SQ4R adalah pengembangan dari SQ3R dengan menambahkan unsur Reflect, yaitu aktivitas memberikan contoh dari bahan bacaan dan membayangkan konteks aktual yang relevan.

29.    MID (Meaningful Instructionnal Design)
Model ini adalah pembelajaran yang mengutamakan kebermaknaan belajar dan efektifivitas dengan cara membuat kerangka kerja-aktivitas secara konseptual kognitif-konstruktivis. Sintaknya adalah (1) lead-in dengan melakukan kegiatan yang terkait dengan pengalaman, analisis pengalaman, dan konsep-ide; (2) reconstruction melakukan fasilitasi pengalaman belajar; (3) production melalui ekspresi-apresiasi konsep

30.    KUASAI
Pembelajaran akan efektif dengan melibatkan enam tahap berikut ini, Kerangka pikir untuk sukses, Uraikan fakta sesuai dengan gaya belajar, Ambil pemaknaan (mengetahui-memahami-menggunakan-memaknai), Sertakan ingatan dan hafalkan kata kunci serta koneksinya, Ajukan pengujian pemahaman, dan Introspeksi melalui refleksi diri tentang gaya belajar.

31.    CRI (Certainly of Response Index)
CRI digunakan untuk mengobservasi proses pembelajaran yang berkenaan dengan tingkat keyakinan siswa tentang kemampuan yang dimilkinya untuk memilih dan menggunakan pengetahuan yang telah dimilikinya. Hutnal (2002) mengemukakan bahwa CRI menggunakan rubric dengan penskoran 0 untuk totally guested answer, 1 untuk amost guest, 2 untuk not sure, 3 untuk sure, 4 untuk almost certain, dn 5 untuk certain.

32.    DLPS (Double Loop Problem Solving)
DPLS adalah variasi dari pembelajaran dengan pemecahan masalah dengan penekanan pada pencarian kausal (penyebab) utama daritimbulnya masalah, jadi berkenaan dengan jawaban untuk pertanyaan mengapa. Selanjutnya menyelesaikan masalah tersebut dengan cara menghilangkan gap yang menyebabkan munculnya masalah tersebut.
Sintaknya adalah: identifkasi, deteksi kausal, solusi tentative, pertimbangan solusi, analisis kausal, deteksi kausal lain, dan rencana solusi yang terpilih. Langkah penyelesaian masalah sebagai berikut: menuliskan pernyataan masalah awal, mengelompokkan gejala, menuliskan pernyataan masalah yang telah direvisi, mengidentifikasi kausal, implementasi solusi, identifikasi kausal utama, menemukan pilihan solusi utama, dan implementasi solusi utama.

33.    DMR (Diskursus Multy Reprecentacy)
DMR adalah pembelajaran yang berorientasi pada pembentukan, penggunaan, dan pemanfaatan berbagai representasi dengan setting kelas dan kerja kelompok. Sintaksnya adalah: persiapan, pendahuluan, pengembangan, penerapan, dan penutup.

34.    CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition)
Terjemahan bebas dari CIRC adalah komposisi terpadu membaca dan menulis secara koperatif -kelompok. Sintaksnya adalah: membentuk kelompok heterogen 4 orang, guru memberikan wacana bahan bacaan sesuai dengan materi bahan ajar, siswa bekerja sama (membaca bergantian, menemukan kata kunci, memberikan tanggapan) terhadap wacana kemudian menuliskan hasil kolaboratifnya, presentasi hasil kelompok, refleksi.

35.    IOC (Inside Outside Circle)
IOC adalah model pembelajaran dengan sistim lingkaran kecil dan lingkaran besar (Spencer Kagan, 1993) di mana siswa saling membagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur. Sintaksnya adalah: Separuh dari jumlah siswa membentuk lingkaran kecil menghadap keluar, separuhnya lagi membentuk lingkaran besar menghadap ke dalam, siswa yang berhadapan berbagi informasi secara bersamaan, siswa yang berada di lingkaran luar berputar kemudian berbagi informasi kepada teman (baru) di depannya, dan seterusnya.

36.    Tari Bambu
Model pembelajaran ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda secara teratur. Strategi ini cocok untuk bahan ajar yang memerlukan pertukaran pengalaman dan pengetahuan antar siswa. Sintaksnya adalah: Sebagian siswa berdiri berjajar di depan kelas atau di sela bangku-meja dan sebagian siswa lainnya berdiri berhadapan dengan kelompok siswa pertama, siswa yang berhadapan berbagi pengalaman dan pengetahuan, siswa yang berdiri di ujung salah satu jajaran pindah ke ujung lainnya pada jajarannya, dan kembali berbagai informasi.

37.    Artikulasi
Artikulasi adlah model pembelajaran dengan sintaks: penyampaian kompetensi, sajian materi, bentuk kelompok berpasangan sebangku, salah satu siswa menyampaikan materi yang baru diterima kepada pasangannya kemudian bergantian, presentasi di depan hasil diskusinya, guru membimbing siswa untuk menyimpulkan.

38.    Debate
Debat adalah model pembalajaran dengan sisntaks: siswa menjadi 2 kelompok kemudian duduk berhadapan, siswa membaca materi bahan ajar untuk dicermati oleh masing-masing kelompok, sajian presentasi hasil bacaan oleh perwakilan salah satu kelompok kemudian ditanggapi oleh kelompok lainnya begitu seterusnya secara bergantian, guru membimbing membuat kesimpulan dan menambahkannya biola perlu.

39.    Role Playing
Sintak dari model pembelajaran ini adalah: guru menyiapkan skenario pembelajaran, menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario tersebut, pembentukan kelompok siswa, penyampaian kompetensi, menunjuk siswa untuk melakonkan skenario yang telah dipelajarinya, kelompok siswa membahas peran yang dilakukan oleh pelakon, presentasi hasil kelompok, bimbingan kesimpulan dan refleksi.

40.    Talking Stick
Sintak pembelajaran ini adalah: guru menyiapkan tongkat, sajian materi pokok, siswa membaca materi lengkap pada wacana, guru mengambil tongkat dan memberikan tongkat kepada siswa dan siswa yang kebagian tongkat menjawab pertanyaan dari guru, tongkat diberikan kepada siswa lain dan guru memberikan pertanyaan lagi dan seterusnya, guru membimbing kesimpulan-refleksi-evaluasi.

41.    Snowball Throwing
Sintaknya adalah: Informasi materi secara umum, membentuk kelompok, pemanggilan ketua dan diberi tugas membahas materi tertentu di kelompok, bekerja kelompok, tiap kelompok menuliskan pertanyaan dan diberikan kepada kelompok lain, kelompok lain menjawab secara bergantian, penyimpulan, refleksi dan evaluasi.

42.    Student Facilitator and Explaining
Langkah-langkahnya adalah: informasi kompetensi, sajian materi, siswa mengembangkannya dan menjelaskan lagi ke siswa lainnya, kesimpulan dan evaluasi, refleksi.

43.    Course Review Horay
Langkah-langkahnya: informasi kompetensi, sajian materi, tanya jawab untuk pemantapan, siswa atau kelompok menuliskan nomor sembarang dan dimasukkan ke dalam kotak, guru membacakan soal yang nomornya dipilih acak, siswa yang punya nomor sama dengan nomor soal yang dibacakan guru berhak menjawab jika jawaban benar diberi skor dan siswa menyambutnya dengan yel hore atau yang lainnya, pemberian reward, penyimpulan dan evaluasi, refleksi.

44.    Demostration
Pembelajaran ini khusus untuk materi yang memerlukan peragaan media atau eksperimen. Langkahnya adalah: informasi kompetensi, sajian gambaran umum materi bahan ajar, membagi tugas pembahasan materi untuk tiap kelompok, menunjuk siswa atau kelompok untuk mendemonstrasikan bagiannya, dikusi kelas, penyimpulan dan evaluasi, refleksi.

45.    Explicit Instruction
Pembelajaran ini cocok untuk menyampaikan materi yang sifatnya algoritma-prosedural, langkah demi langkah bertahap. Sintaknya adalah: sajian informasi kompetensi, mendemontrasikan pengetahuan dan ketrampilan prosedural, membimbing pelatihan-penerapan, mengecek pemahaman dan balikan, penyimpulan dan evaluasi, refleksi.

46.    Scramble
Sintaknya adalah: buatlah kartu soal sesuai marteri bahan ajar, buat kartu jawaban dengan diacak nomornya, sajikan materi, membagikan kartu soal pada kelompok dan kartu jawaban, siswa berkelompok mengerjakan soal dan mencari kartu soal untuk jawaban yang cocok.

47.    Pair Checks
Siswa berkelompok berpasangan sebangku, salah seorang menyajikan persoalan dan temannya mengerjakan, pengecekan kebenaran jawaban, bertukar peran, penyimpulan dan evaluasi, refleksi.

48.    Make-A Match
Guru menyiapkan kartu yang berisi persoalan-permasalahan dan kartu yang berisi jawabannya, setiap siswa mencari dan mendapatkan sebuah kartu soal dan berusaha menjawabnya, setiap siswa mencari kartu jawaban yang cocok dengan persoalannya siswa yang benar mendapat nilai-reward, kartu dikumpul lagi dan dikocok, untuk babak berikutnya pembelajaran seperti babak pertama, penyimpulan dan evaluasi, refleksi.

49.    Mind Mapping
Pembelajaran ini sangat cocok untuk mereview pengetahuan awal siswa. Sintaknya adalah: informasi kompetensi, sajian permasalahan terbuka, siswa berkelompok untuk menanggapi dan membuat berbagai alternatif jawaban, presentasi hasil diskusi kelompok, siswa membuat kesimpulan dari hasil setiap kelompok, evaluasi dan refleksi.

50.    Examples Non Examples
Persiapkan gambar, diagram, atau tabel sesuai materi bahan ajar dan kompetensi, sajikan gambar ditempel atau pakai OHP, dengan petunjuk guru siswa mencermati sajian, diskusi kelompok tentang sajian gambar tadi, presentasi hasil kelompok, bimbingan penyimpulan, evaluasi dan refleksi.

51.    Picture and Picture
Sajian informasi kompetensi, sajian materi, perlihatkan gambar kegiatan berkaitan dengan materi, siswa (wakil) mengurutkan gambar sehingga sistematik, guru mengkonfirmasi urutan gambar tersebut, guru menanamkan konsep sesuai materi bahan ajar, penyimpulan, evaluasi dan refleksi.

52.    Cooperative Script
Buat kelompok berpasangan sebangku, bagikan wacana materi bahan ajar, siswa mempelajari wacana dan membuat rangkuman, sajian hasil diskusi oleh salah seorang dan yang lain menanggapi, bertukar peran, penyimpulan, evaluasi dan refleksi.

53.    LAPS-Heuristik
Heuristik adalah rangkaian pertanyaan yang bersifat tuntunan dalam rangka solusi masalah. LAPS ( Logan Avenue Problem Solving) dengan kata Tanya apa masalahnya, adakah alternative, apakah bermanfaat, apakah solusinya, dan bagaimana sebaiknya mengerjakannya. Sintaks: pemahaman masalah, rencana, solusi, dan pengecekan.

54.    Improve
Improve singkatan dari Introducing new concept, Metakognitive questioning, Practicing, Reviewing and reducing difficulty, Obtaining mastery, Verivication, Enrichment. Sintaknya adalah sajian pertanyaan untuk mengantarkan konsep, siswa latihan dan bertanya, balikan-perbaikan-pengayaan-interaksi.

55.    Generatif
Basis generatif adalah konstruksivisme dengan sintaks orintasi-motivasi, pengungkapan ide-konsep awal, tantangan dan restrukturisasi sajian konsep, aplikasi, rangkuman, evaluasi, dan refleksi

56.    Circuit Learning
Pembelajaran ini adalah dengan memaksimalkan pemberdayaan pikiran dan perasaan dengan pola bertambah dan mengulang. Sintaknya adalah kondisikan situasi belajar kondusif dan fokus, siswa membuat catatan kreatif sesuai dengan pola pikirnya-peta konsep-bahasa khusus, Tanya jawab dan refleksi

57.    Complette Sentence
Pembelajaran dengan model melengkapi kalimat adalah dengan sintaks: sisapkan blanko isian berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap, sampaikan kompetensi, siswa ditugaskan membaca wacana, guru membentuk kelompok, LKS dibagikan berupa paragraph yang kaliatnya belum lengkap, siswa berkelompok melengkapi, presentasi.

58.    Concept Sentence
Prosedurnya adalah penyampaian kompetensi, sajian materi, membentuk kelompok heterogen, guru menyiapkan kata kunci sesuai materi bahan ajar, tiap kelompok membuat kalimat berdasarkan kata kunci, presentasi.

59.    Time Token
Model ini digunakan (Arebds, 1998) untuk melatih dan mengembangkan keterampilan sosial agar siswa tidak mendominasi pembicaraan atau diam sama sekali. Langkahnya adalah kondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi, tiap siswa diberi kupon bahan pembicaraan (1 menit), siswa berbicara (pidato-tidak membaca) berdasarkan bahan pada kupon, setelah selesai kupon dikembalikan.

60.    Take and Give
Model pembelajaran menerima dan memberi adalah dengan sintaks, siapkan kartu dengan yang berisi nama siswa - bahan belajar - dan nama yang diberi, informasikan kompetensi, sajian materi, pada tahap pemantapan tiap siswa disuruh berdiri dan mencari teman dan saling informasi tentang materi atau pendalaman-perluasannya kepada siswa lain kemudian mencatatnya pada kartu, dan seterusnya dengan siswa lain secara bergantian, evaluasi dan refleksi

61.    Superitem
Pembelajaran ini dengan cara memberikan tugas kepada siswa secara bertingkat-bertahap dari simpel ke kompleks, berupa pemecahan masalah. Sintaksnya adalah ilustrasikan konsep konkret dan gunakan analogi, berikan latihan soal bertingkat, berikan soal tes bentuk super item, yaitu mulai dari mengolah informasi-koneksi informasi, integrasi, dan hipotesis.

62.    Hibrid
Model hibrid adalah gabungan dari beberapa metode yang berkenaan dengan cara siswa mengadopsi konsep. Sintaknya adalah pembelajaran ekspositori, koperatif-inkuiri-solusi-workshop, virtual workshop menggunakan computer-internet.

63.    Treffinger
Pembelajaran kreatif dengan basis kematangan dan pengetahuan siap. Sintaks: keterbukaan-urutan ide-penguatan, penggunaan ide kreatif-konflik internal-skill, proses rasa-pikir kreatif dalam pemecahan masalah secara mandiri melalui pemanasan-minat-kuriositi-tanya, kelompok-kerjasama, kebebasan-terbuka, reward.

64.    Kumon
Pembelajaran dengan mengaitkan antar konsep, ketrampilan, kerja individual, dan menjaga suasana nyaman-menyenangkan. Sintaksnya adalah: sajian konsep, latihan, tiap siswa selesai tugas langsung diperiksa-dinilai, jika keliru langsung dikembalikan untuk diperbaiki dan diperiksa lagi, lima kali salah guru membimbing.

65.    Quantum
Memandang pelaksanaan pembelajaran seperti permainan musik orkestra-simfoni. Guru harus menciptakan suasana kondusif, kohesif, dinamis, interaktif, partisipatif, dan saling menghargai. Prinsip quantum adalah semua berbicara-bermakna, semua mempunyai tujuan, konsep harus dialami, tiap usaha siswa diberi reward. Strategi quantum adalah tumbuhkan minat dengan AMBak, alami-dengan dunia realitas siswa, namai-buat generalisasi sampai konsep, demonstrasikan melalui presentasi-komunikasi, ulangi dengan Tanya jawab-latihan-rangkuman, dan rayakan dengan reward dengan senyum-tawa-ramah-sejuk-nilai-harapan.

Kalau yang ini katanya namanya METODE PEMBELAJARAN :

1. Metode Ceramah
Metode pembelajaran ceramah adalah penerangan secara lisan atas bahan pembelajaran kepada sekelompok pendengar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dalam jumlah yang relatif besar. Seperti ditunjukkan oleh Mc Leish (1976), melalui ceramah, dapat dicapai beberapa tujuan. Dengan metode ceramah, guru dapat mendorong timbulnya inspirasi bagi pendengarnya.
Gage dan Berliner (1981:457), menyatakan metode ceramah cocok untuk digunakan dalam pembelajaran dengan ciri-ciri tertentu. Ceramah cocok untuk penyampaian bahan belajar yang berupa informasi dan jika bahan belajar tersebut sukar didapatkan.

2. Metode Diskusi
Metode pembelajaran diskusi adalah proses pelibatan dua orang peserta atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat, dan atau saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantara mereka. Pembelajaran yang menggunakan metode diskusi merupakan pembelajaran yang bersifat interaktif (Gagne & Briggs. 1979: 251).

Menurut Mc. Keachie-Kulik dari hasil penelitiannya, dibanding metode ceramah, metode diskusi dapat meningkatkan anak dalam pemahaman konsep dan keterampilan memecahkan masalah. Tetapi dalam transformasi pengetahuan, penggunaan metode diskusi hasilnya lambat dibanding penggunaan ceramah. Sehingga metode ceramah lebih efektif untuk meningkatkan kuantitas pengetahuan anak dari pada metode diskusi.

3. Metode Demonstrasi
Metode pembelajaran demontrasi merupakan metode pembelajaran yang sangat efektif untuk menolong siswa mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti: Bagaimana cara mengaturnya? Bagaimana proses bekerjanya? Bagaimana proses mengerjakannya. Demonstrasi sebagai metode pembelajaran adalah bilamana seorang guru atau seorang demonstrator (orang luar yang sengaja diminta) atau seorang siswa memperlihatkan kepada seluruh kelas sesuatau proses. Misalnya bekerjanya suatu alat pencuci otomatis, cara membuat kue, dan sebagainya.

Kelebihan Metode Demonstrasi :
a. Perhatian siswa dapat lebih dipusatkan.
b. Proses belajar siswa lebih terarah pada materi yang sedang dipelajari.
c. Pengalaman dan kesan sebagai hasil pembelajaran lebih melekat dalam diri siswa.

Kelemahan metode Demonstrasi :
a. Siswa kadang kala sukar melihat dengan jelas benda yang diperagakan.
b. Tidak semua benda dapat didemonstrasikan.
c. Sukar dimengerti jika didemonstrasikan oleh pengajar yang kurang menguasai apa yang didemonstrasikan.

4. Metode Ceramah Plus
Metode Pembelajaran Ceramah Plus adalah metode pengajaran yang menggunakan lebih dari satu metode, yakni metode ceramah yang dikombinasikan dengan metode lainnya. Ada tiga macam metode ceramah plus, diantaranya yaitu:
a. Metode ceramah plus tanya jawab dan tugas
b. Metode ceramah plus diskusi dan tugas
c. Metode ceramah plus demonstrasi dan latihan (CPDL)

5. Metode Resitasi
Metode Pembelajaran Resitasi adalah suatu metode pengajaran dengan mengharuskan siswa membuat resume dengan kalimat sendiri.
Kelebihan Metode Resitasi adalah :
a. Pengetahuan yang diperoleh peserta didik dari hasil belajar sendiri akan dapat diingat lebih lama.
b. Peserta didik memiliki peluang untuk meningkatkan keberanian, inisiatif, bertanggung jawab dan mandiri.
Kelemahan Metode Resitasi adalah :
a. Kadang kala peserta didik melakukan penipuan yakni peserta didik hanya meniru hasil pekerjaan orang lain tanpa mau bersusah payah mengerjakan sendiri.
b. Kadang kala tugas dikerjakan oleh orang lain tanpa pengawasan.
c. Sukar memberikan tugas yang memenuhi perbedaan individual.

6. Metode Eksperimental
Metode pembelajaran eksperimental adalah suatu cara pengelolaan pembelajaran di mana siswa melakukan aktivitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu yang dipelajarinya. Dalam metode ini siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri dengan mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang obyek yang dipelajarinya.

7. Metode Study Tour (Karya wisata)
Metode study tour Study tour (karya wisata) adalah metode mengajar dengan mengajak peserta didik mengunjungi suatu objek guna memperluas pengetahuan dan selanjutnya peserta didik membuat laporan dan mendiskusikan serta membukukan hasil kunjungan tersebut dengan didampingi oleh pendidik.

8. Metode Latihan Keterampilan
Metode latihan keterampilan (drill method) adalah suatu metode mengajar dengan memberikan pelatihan keterampilan secara berulang kepada peserta didik, dan mengajaknya langsung ketempat latihan keterampilan untuk melihat proses tujuan, fungsi, kegunaan dan manfaat sesuatu (misal: membuat tas dari mute). Metode latihan keterampilan ini bertujuan membentuk kebiasaan atau pola yang otomatis pada peserta didik.

9. Metode Pengajaran Beregu
Metode pembelajaran beregu adalah suatu metode mengajar dimana pendidiknya lebih dari satu orang yang masing-masing mempunyai tugas.Biasanya salah seorang pendidik ditunjuk sebagai kordinator. Cara pengujiannya,setiap pendidik membuat soal, kemudian digabung. Jika ujian lisan maka setiapsiswa yang diuji harus langsung berhadapan dengan team pendidik tersebut

10. Peer Theaching Method
Metode Peer Theaching sama juga dengan mengajar sesama teman, yaitu suatu metode mengajar yang dibantu oleh temannya sendiri.

11. Metode Pemecahan Masalah (problem solving method)
Metode problem solving (metode pemecahan masalah) bukan hanyasekadar metode mengajar, tetapi juga merupakan suatu metode berpikir, sebabdalam problem solving dapat menggunakan metode-metode lainnya yang dimulaidengan mencari data sampai pada menarik kesimpulan.
Metode problem solving merupakan metode yang merangsang berfikir danmenggunakan wawasan tanpa melihat kualitas pendapat yang disampaikan olehsiswa. Seorang guru harus pandai-pandai merangsang siswanya untuk mencobamengeluarkan pendapatnya.

12. Project Method
Project Method adalah metode perancangan adalah suatu metode mengajar dengan meminta peserta didik merancang suatu proyek yang akan diteliti sebagai obyek kajian.

13. Taileren Method
Teileren Method yaitu suatu metode mengajar dengan menggunakan sebagian-sebagian,misalnya ayat per ayat kemudian disambung lagi dengan ayat lainnya yang tentusaja berkaitan dengan masalahnya

14. Metode Global (ganze method)
Metode Global yaitu suatu metode mengajar dimana siswa disuruh membaca keseluruhan materi, kemudian siswa meresume apa yang dapat mereka serap atau ambil intisari dari materi tersebut.

Nah, kayakna taraf bingung dah turun separo... hihihi

Samsung Galaxy Note, Beautiful :)

Setelah browsing di mbah Google, akhirnya kutemukan bahwa Samsung Galaxy Note bakal diupdate ke Android 4.0 alias Ice Cream Sandwich... Auuuwww padahal dah pengen banget miliki smartphone super smart ini... kalo kayak gini, gimana ga harganya tambah melambuuungggg...
Keren bangge.. sueeerrr dah...mupeng :(



The Samsung GALAXY Note is the first phone to go over the 5-inch screen mark with its 5.3-inch Super AMOLED screen with a resolution of the whopping 800 x 1280 pixels (WXGA), resulting in pixel density of 285ppi. It also stands out with its built in stylus and apps supporting pen input. Under the hood, a Samsung 1.4GHz dual-core chip powers Android 2.3 Gingerbread skinned with TouchWiz. The Galaxy Note also sports an 8-megapixel rear camera capable of 1080p video recording, while up front there is a 2-megapixel shooter.
Pros
    very big display (5.30 inches)
    Fast mobile data support (4G)
    High pixel densitiy screen, over 250ppi (285 ppi)
    High-resolution display (800 x 1280 pixels)
    Supports special active stylus for input
    Dual core processor
    Very fast processor (1400 MHz)
    Lots of RAM (1024 MB RAM)
    High-resolution camera (8 megapixels)
    HDMI connector for TV-out (via microUSB)

Cons

    The huge dimensions allow it to be used as a brick replacement

Spec
General     2G Network     GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G Network     HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G Network     LTE 700 (region specific)
Announced     2011, September
Status     Available. Released 2011, October
Body     Dimensions     146.9 x 83 x 9.7 mm
Weight     178 g
     - Touch-sensitive controls
Display     Type     Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Size     800 x 1280 pixels, 5.3 inches (~285 ppi pixel density)
Multitouch     Yes
Protection     Corning Gorilla Glass
     - TouchWiz UI v4.0
Sound     Alert types     Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker     Yes
3.5mm jack     Yes, check quality
Memory     Card slot     microSD, up to 32GB, 2 GB included
Internal     16GB/32GB storage, 1 GB RAM
Data     GPRS     Class 12 (4+1/3+2/2+3/1+4 slots), 32 - 48 kbps
EDGE     Class 12
Speed     HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps; LTE
WLAN     Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot
Bluetooth     Yes, v3.0 with A2DP, EDR
NFC     Optional
USB     Yes, microUSB v2.0 (MHL), USB On-the-go
Camera     Primary     8 MP, 3264x2448 pixels, autofocus, LED flash, check quality
Features     Geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization
Video     Yes, 1080p@24~30fps, check quality
Secondary     Yes, 2 MP
Features     OS     Android OS, v2.3.5 (Gingerbread), planned upgrade to v4.x
Chipset     Exynos
CPU     Dual-core 1.4 GHz ARM Cortex-A9
GPU     Mali-400MP
Sensors     Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
Messaging     SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM, RSS
Browser     HTML5, Adobe Flash
Radio     Stereo FM radio with RDS
GPS     Yes, with A-GPS support and GLONASS
Java     Yes, via Java MIDP emulator
Colors     Black, White
     - S Pen stylus
- Active noise cancellation with dedicated mic
- NFC support (optional)
- TV-out (via MHL A/V link)
- SNS integration
- MP4/DivX/XviD/WMV/H.264/H.263 player
- MP3/WAV/eAAC+/AC3/FLAC player
- Organizer
- Image/video editor
- Document editor (Word, Excel, PowerPoint, PDF)
- Google Search, Maps, Gmail,
YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration
- Voice memo/dial/commands
- Predictive text input (Swype)
Battery           Standard battery, Li-Ion 2500 mAh
Stand-by     Up to 960 h (2G) / Up to 820 h (3G)
Talk time     Up to 26 h 10 min (2G) / Up to 13 h 30 min (3G)
Price? cuma sekitar 6,7 juta ajah :(
ato ada yg mau jual bekas tp masih bagus??? *ngarep:(*

Thursday, March 22, 2012

Video Perjuangan Seorang Pelajar, how touch :'(

Menurut ane, video ini sangat menyentuh. Seorang pelajar yang 'ambruk' karena utang, namun dengan semangat dan dukungan gurunya, ia bisa berjalan berdiri tegak... pake mobil lage...
Semoga menjadi inspirasi bagi anak didikku, pada khususnya :)



Trik Bikin Banner Animasi Flash di Blog

Hari ini saya diminta oleh teman guru untuk mengajari memasukkan flash ke blog. Yaaa trus saya harus putar otak gimana caranya... daaan setelah saya coba-coba dan sambil tanya 'simbahe' Internet, akhirnya saya temukan caranya...

Begini neh langkah-langkahna :

1. Kalo udah punya file swf-na, tinggal copy script (tanpa tanda ") berikut, lalu ganti bagian

http://www.itv-gear.com/bannerobatlapar.swf

dengan URL file banner Flash yang disimpan di web.



"http://www.itv-gear.com/bannerobatlapar.swf" quality="autohigh"  
allowscriptaccess="always" wmode="transparent" menu="false" loop="false" 
 type="application/x-shockwave-flash" 
 pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer" align="middle" 
 height="160" width="300">

2. Paste ke sidebar/widget blog kamu.

3. Kalau di wordpress : Appereance , Widgets , Text

4. Kalau di blogger : Layout , Add a Gadget , HTML/JavaScript Add

5. Setelah disimpan, silahkan coba refresh halaman blog.

Nah, lain halnya kalo belum ada file flash alias swf na. Bisa bikin dulu file na pakai bannernow biar lebih cepat, nah kalo udah klik tombol download swf-na trus disimpan di komputer. Tunggu loading-na.... trus script di atas di-copy, dan berikutnya sama dengan langkah di atas.

Taraaaa... bisa khaan... ^__^

Sebenarnya saya sudah pernah mencoba di site lainnya untuk buat animasi, seperti yang jadi banner di blog saya, hanya saja tidak menggunakan file .swf.

Yah, semoga jelas dan bermanfaat :)

Friday, March 16, 2012

TUGAS LIBURAN KELAS CI

Masukkan tugas blog kamu dengan mengisi formulir berikut ini. Data wajib terkirim sebelum hari JUMAT, 23 MARET 2012.

Thanks,
Bu Heni P
Mapel TIK

* : WAJIB DIISI

Tuesday, March 13, 2012

Download Soal dan Kunci Ujian Praktek Kelas 8

Ini neh soal dan kunci jawaban ujian praktek kelas 8 semester 2 :




















Setelah berpikir semaleman bebarengan dengan tugas lainnya, akhirnya jadi juga soal ujian praktek kelas 8. Soal seperti ini dikerjakan dalam waktu 40 menit, dan hasilnya... okelah! walaupun ada yang mengecewakan karena lupa dengan rumusnya hohoho.... sabar sabar ya buuu...

Rumus kunci :
1. Mencari jumlah turis dewasa itu sangat mudah, yakni dengan mengurangkan jumlah turis anak dan dewasa dengan turis anak, atau "=D6-B6"
2. Mencari total biaya "=E6*C6", jadi jumlah turis dewasa harus dicari dulu sebelum menghitung total biaya
3. Jumlah "=sum(D6:D18)" dan "=sum(E6:E18)"
Jumlah terbesar "=max(D6:D18)" dan "=max(E6:E18)"
Jumlah terkecil "=min(D6:D18)" dan "=min(E6:E18)"
Median "=median(D6:D18)" dan "=median(E6:E18)"
Rata-rata "=average(D6:D18)" dan "=average(E6:E18)"
4. Banyaknya objek wisata "=count(B6:B18)"  (ini ni yang sering dilupakan...:( )
5. Jumlah turis asal Kediri "=countif(F6:F18;"KEDIRI") (sering pada lupa pake tanda petik " jadi hasilnya nol deh hufft... )

Yah semoga ujian berikutnya sukses semua ya anak-anak :)

Nonton TV Streaming

Asyik Nonton TV Streaming dulu awh..

Friday, March 9, 2012

Kisah Mengharukan yang Mungkin Tak Pernah DIsadari

Suatu ketika, hiduplah sebatang pohon apel besar dan anak lelaki yang senang bermain-main di bawah pohon apel itu setiap hari. Ia senang memanjatnya hingga ke pucuk pohon, memakan buahnya, tidur-tiduran di keteduhan rindang daun-daunnya. Anak lelaki itu sangat mencintai pohon apel itu. Demikian pula sebaliknya. Waktu terus berlalu, anak lelaki itu kini telah tumbuh besar dan tidak lagi bermain-main dengan pohon apel itu setiap harinya.

Suatu hari ia mendatangi pohon apel. Wajahnya tampak sedih.
"Ayo ke sini bermain-main lagi denganku.", pinta pohon apel itu.
"Aku bukan anak kecil yang bermain-main dengan pohon lagi.", jawab anak lelaki itu.
"Aku ingin sekali memiliki mainan, tapi aku tak punya uang untuk membelinya."
Pohon apel itu menyahut,
"Duh, maaf aku pun tak punya uang, tetapi kau boleh mengambil semua buah apelku dan menjualnya. Kau bisa mendapatkan uang untuk membeli mainan kegemaranmu."
Anak lelaki itu sangat senang. Ia lalu memetik semua buah apel yang ada di pohon dan pergi dengan penuh suka cita. Namun, setelah itu anak lelaki tak pernah datang lagi. Pohon apel itu kembali sedih.

Suatu hari anak lelaki itu datang lagi. Pohon apel sangat senang melihatnya datang. "Ayo bermain-main denganku lagi.", kata pohon apel.
"Aku tak punya waktu,", jawab anak lelaki itu.
"Aku harus bekerja untuk keluargaku. Kami membutuhkan rumah untuk tempat tinggal. Maukah kau menolongku?".
"Duh, maaf aku pun tak memiliki rumah, tapi kau boleh menebang semua dahan rantingku untuk membangun rumahmu.", kata pohon apel.
Kemudian anak lelaki itu menebang semua dahan dan ranting pohon apel itu dan pergi dengan gembira. Pohon apel itu juga merasa bahagia melihat anak lelaki itu senang, tapi anak lelaki itu tak pernah kembali lagi. Pohon apel itu merasa kesepian dan sedih.


Pada suatu musim panas, anak lelaki itu datang lagi. Pohon apel merasa sangat bersuka cita menyambutnya.
"Ayo bermain-main lagi denganku.", kata pohon apel.
"Aku sedih.", kata anak lelaki itu.
"Aku sudah tua dan ingin hidup tenang. Aku ingin pergi berlibur dan berlayar. Maukah kau memberi aku sebuah kapal untuk pesiar?"
"Duh, maaf aku tak punya kapal, tapi kau boleh memotong batang tubuhku dan menggunakannya untuk membuat kapal yang kau mau. Pergilah berlayar dan bersenang-senanglah."
Kemudian, anak lelaki itu memotong batang pohon apel itu dan membuat kapal yang diidamkannya. Ia lalu pergi berlayar dan tak pernah lagi datang menemui pohon apel itu.

Akhirnya, anak lelaki itu datang lagi setelah bertahun-tahun kemudian.
"Maaf anakku", kata pohon apel itu.
"Aku sudah tak memiliki buah apel lagi untukmu."
"Tak apa, aku pun sudah tak memiliki gigi untuk mengigit buah apelmu.", jawab anak lelaki itu.
"Aku juga tak memiliki batang dan dahan yang bisa kau panjat.", kata pohon apel.
"Sekarang aku juga sudah terlalu tua untuk itu.", jawab anak lelaki itu.
"Aku benar-benar tak memiliki apa-apa lagi yang bisa aku berikan padamu. Yang tersisa hanyalah akar-akarku yang sudah tua dan sekarat ini.", kata pohon apel itu sambil menitikkan air mata.
"Aku tak memerlukan apa-apa lagi sekarang,", kata anak lelaki.
"Aku hanya membutuhkan tempat untuk beristirahat. Aku sangat lelah setelah sekian lama meninggalkanmu."
"Oooh, bagus sekali. Tahukah kau, akar-akar pohon tua adalah tempat terbaik untuk berbaring dan beristirahat. Mari, marilah berbaring di pelukan akar-akarku dan beristirahatlah dengan tenang."
Anak lelaki itu berbaring di pelukan akar-akar pohon. Pohon apel itu pun sangat gembira dan tersenyum sambil meneteskan air matanya.

Pohon apel itu adalah orang tua kita.
Ketika kita muda, kita senang bermain-main dengan ayah dan ibu kita. Ketika kita tumbuh besar, kita meninggalkan mereka, dan hanya datang ketika kita memerlukan sesuatu atau dalam kesulitan. Tak peduli apa pun, orang tua kita akan selalu ada di sana untuk memberikan apa yang bisa mereka berikan untuk membuat kita bahagia. Anda mungkin berpikir bahwa anak lelaki itu telah bertindak sangat kasar pada pohon itu, tetapi begitulah cara kita memperlakukan orang tua kita .

Kumpulan Kata Bijak untuk Penyemangat Hidup

Menunggu agar kondisi yang sempurna tercapai sama juga dengan menunggu selamanya

Bila memikirkan modal yang terlalu tinggi, Anda tidak akan pernah dapat mewujudkan keinginan. Mulailah dari yang sederhana


Kecil adalah modal untuk menjadi besar

Kalah adalah modal untuk menjadi menang

Gagal adalah modal untuk menjadi sukses


Tuhan memberikan masalah sekaligus solusinya


Tidak ada masalah dengan masalah, yang menjadi masalah adalah cara kita yang salah dalam menghadapi masalah

(KH Abdullah Gymnastiar)


Supaya bola bisa melambung tinggi, perlu jatuh ke lantai dengan keras

(Mario Teguh)


Apabila usaha anda jatuh (gagal), itu pertanda punya peluang untuk melompat lebih tinggi


Seperti bayi, cobalah untuk terus berjalan walau harus jatuh-bangun di awalnya


Manusia sesungguhnya adalah apa yang ia pikirkan di dalam hatinya


Tindakan mengalahkan ketakutan


Untuk berpikir besar kita harus menggunakan kata dan frase yang menghasilkan citra atau gambar mental yang positif dan besar


Jangan memandang sesuatu sebagaimana adanya, tetapi pandanglah kemungkinan-kemungkinannya. Visualisasi menambah nilai pada segala sesuatu. Pemikir besar selalu memvisualisasikan apa yang dapat dilakukan pada masa datang. Ia tidak puas dengan masa sekarang


Jika Anda percaya, pikiran anda mencari jalan untuk melaksanakannya

Orang yang berpikir pekerjaannya penting, Mendapat isyarat mental tentang bagaimana melakukan pekerjaannya dengan lebih baik

Berbicaralah hanya tentang kebahagiaan, berbicaralah hanya tentang kemajuan, berbicaralah hanya tentang keberhasilan

Jadikan kebiasaan meminta nasihat dari orang yang benar-benar tahu

Untuk membuat orang lain antusias, Anda sendiri harus lebih dahulu antusias

Dalam segala yang Anda lakukan, Lakukanlah dengan bersemangat

Orang melakukan lebih banyak untuk Anda jika Anda membuat mereka merasa penting
Gunakan tindakan untuk menyembuhkan ketakutan dan mendapatkan kepercayaan diri

Nothing in life is to be feared, It is only to be understood
(Marie Curie)

Kebanyakan dari kegagalan dalam kehidupan adalah karena manusia tidak sadar bahwa mereka nyaris sukses sewaktu putus asa
(Thomas Edison)

Kegagalan bukanlah suatu pertanda telah tamat dan kesuksesan juga tidak pernah berakhir
(Dr. Robert Schuller)

Mereka yang tidak pernah mendaki jarang jatuh
(Jhon Greenleaf Whittier)

Saya lebih rela mencoba sesuatu yang hebat dan gagal; daripada tidak mencoba apa-apa dan langsung sukses

Kegagalan dan kekecewaan membuat kita begitu tertekan, tetapi ia juga mendatangkan kekuatan, membentuk watak, dan ketahanan diri, yang menjadi bekal penting guna mencapai kesuksesan

Kesuksesan tidak akan tercapai kecuali Anda mau mengambil resiko, meneruskan perjuangan, bersedia gagal dengan menyedihkan, dan berjuang kembali
(Philip Adams)


Ketika Anda berhenti membuat kesalahan, Anda sebenarnya telah berhenti belajar
(Billi Lim)

Senjata kaum lemah adalah keluhan

Pada saat ujian diberikan, muncullah orang-orang yang berhasil dan orang-orang yang gagal

Barang siapa bercita-cita tanpa amal perbuatan maka cita-citanya akan menyertai kematiannya

Jangan takut kepada penentangmu. Layang-layang terbang karena menentang angin, bukan karena mengikutinya

Dari kebodohan kita berbuat salah dan dari kesalahan kita belajar

Kehidupan adalah harapan, dan orang yang kehilangan harapan telah kehilangan kehidupan

Barangsiapa bekerja keras, maka tidak ada waktu baginya untuk mencucurkan airmata

Sabar adalah jalan yang penuh duri, jika anda mampu melewatinya, Anda akan dapat meraih maksud dan tujuan

Orang besar adalah mereka yang berhasil bangkit sesudah menemui kegagalan

Pekerjaan yang sukses adalah pekerjaan yang didasarkan pada perencanaan matang dan rasional

Tiga jalan untuk mencapai kesuksesan: percaya kepada diri sendiri – selalu jujur – bekerja keras dan tekun

Kehidupan manusia adalah medan peperangan tanpa gencatan senjata

Orang yang paling bangkrut dalam hidupnya ialah yang kehilangan semangat hidup

Bagi orang yang kehilangan segala-galanya –kecuali semangatnya—maka tahun-tahun kegagalan akan disusul dengan tahun-tahun kesuksesan

Orang yang tidak pernah merasakan pahit getirnya kemiskinan tidak akan merasakan lezatnya kekayaan
Kegagalan banyak terjadi karena ia punya banyak cara, sedangkan kesuksesan sukar dicapai karena ia hanya memiliki satu cara

Orang yang percaya diri tidak membutuhkan pujian orang lain

Ketika orang menjegal Anda dari belakang, ketahuilah bahwa sekarang Anda berada di depan

Ketika manusia melihat cahaya, barulah ia bisa membedakannya dengan kegelapan

Orang yang paling menganggur ialah orang yang orang yang tidak bisa memanfaatkan waktu luangnya

Pukulan yang tidak menyebabkan kematian seseorang akan menambah ketabahan dan ketegarannya

Apabila Anda masih memiliki harapan, tidak ada yang mustahil bagi Anda

Barangsiapa tidak tahan terhadap kejenuhan dan kepayahan menuntut ilmu dalam satu jam, maka dia harus tahan dalam kerendahan kejahilan seumur hidup

Jika Anda mampu mengambil pelajaran dari berbagai macam peristiwa, Anda tidak perlu lagi melakukan pilihan

Tiga hal yang buruk: dusta, malas, pesimistis

Pencuri yang “mencuri” masa kemudaan kita adalah zaman

Satu-satunya cara menghindari kesalahan ialah dengan memiliki pengalaman. Dan satu-satunya cara memperoleh pengalaman ialah dengan melakukan kesalahan beberapa kali

WARNING!! Buat yang suka ke Warnet,,

SEKILAS INFO
Bagi yang suka yang sering ke WarNet, coba periksa/perhatikan

SEKILAS INFO
Bagi yang suka yang sering ke WarNet, coba periksa/perhatikan di belakang PC bila ada “COLOKAN HITAM”. Saya sarankan jangan On Line di WarNet tsb !!!

Karena itu memang sengaja dipasang oleh pihak WarNet dengan tujuan utk merekam/mengcopy data-data Anda di FB. Biasanya: password email, fb/twitter/dan sejenisnya, internet banking, atau bahkan data penting lainnya.
Alat tersebut dinamakan “HARDWARE KEYLOGGER”

Sumber: Xcode | Yogyafree | Yogya Family Code

Thursday, February 23, 2012

Berbagai Trik Pintar di Keyboard untuk Windows 7

Pengen banget cari-cari shortcut pintar dari keyboard untuk Windows 7. Eee.. akhirnya bisa kutemukan:) Ini dia trik dan tips keyboard untuk berkreasi di Windows 7 :

[Windows] + [Home]
Minimize semua kecuali jendela yang dipilih

[Windows] + [Spacebar]
Anda akan melihat dekstop dan membuat semua menjadi transparan. Sama halnya ketika kursor mouse ada di pojok kanan bawah layar.

[Windows] + [D] 
Menuju Desktop dengan cepat. Tekan 2x maka akan kembali ke worksheet awal sebelum ke desktop 

[Windows] + Arah Kiri / Arah Kanan 
Fungsinya seperti rata kanan atau rata kiri jendela aktif 

[Windows] + Arah atas atau [Windows] + arah bawah
Maximize atau minimize

 [Windows] + [Tab] 
ini menurutku yang paling asyik...
Membuat worksheet menjadi 3D 

[Alt] + [Ctrl] + [Tag] + Tombol kiri/kanan/atas/bawah 
Flip window 

[Alt] + [Tab] 
 Yang ini sudah biasa, untuk memilih salah satu jendela yang dibutuhkan 


[Windows] + [T] atau [Windows] + [SHIFT] + [T] 

Efek ini sama seperti ketika mengarahkan mouse pada taskbar aktif yang ada di samping tombol windows 

[Windows] + [ B ] 
Memfokus tombol “show hidden icons” di system tray. 

[Windows] + [G] 
Melihat gadget 

[Windows] + [X] 
Menjalankan Windows Mobility Center 

[Windows] + [1] hingga [9] atau [Windows] + [SHIFT] + [1] hingga [9] 
sama seperti mengklik icon yang ada di taskbar (samping tombol windows) urutannya 1,2,3,4…..9 

[Windows] + [Ctrl] + [1] hingga [9] 
Membuka program yang ada di taskbar dengan waktu yang sama.

[Windows] + [Alt] + [1] hingga [9] 
sama seperti klik kanan di icon taskbar 

[Windows] + [+] atau [Windows] + [-] 
Mengaktifkan menu Magnifier untuk men-zoom windows 

[Ctrl] + [Alt] + [D] 
Memperbesar dengan mode dock 

[Windows] + [P] 
Mode Screen. Biasanya berguna untuk presentasi menggunakan projector

[Ctrl] + [Alt] + [L] 
Memperbesar seperti mode Loop 

[Ctrl] + [Alt] + [F] 
Full Screen Mode on sob 

[Ctrl] + [Alt] + [i] 
Invert colors. 

[Windows] + [Esc] 
Keluar 

Selamat mencoba ya ^___^

Sunday, January 15, 2012

Pilih : Jadi Orang Pintar VS Orang Kaya

Kalo disuruh milih, mau jadi orang pintar ato orang kaya? Bedanya apa seh?

Kalo orang pintar bisa nganalisis dan ngajari caranya jadi orang kaya
Kalo orang kaya bisa cari orang pintar buat nganalisis kenapa dia jadi kaya

Kalo orang pinter bisa mutusin segala sesuatunya pakai rasio
Kalo orang kaya mutusin segala sesuatunya dengan naluri dan very braveheart (cieee..)

Kalo orang pinter pasti perhitungan dengan segala resiko
Kalo orang kaya lebih pertimbangin peluang yang ada

Kalo orang pinter punya kapital tak berwujud dengan harta sangat terbatas (limited assets)
Kalo orang kaya punya kapital berwujud dengan harta tak terbatas (unlimited dah..)

Kalo orang pintar selalu bisa kasih jawaban untuk orang kaya
Kalo orang kaya bisa kasih pertanyaan buat orang pintar.

Kalo orang pintar itu nganalisis input, yakni cost and benefit
Kalo orang kaya mikirin outputnya yaitu untung dan rugi.

Kalo orang pintar memiliki kompetensi untuk kaya
Kalo orang kaya memiliki uang untuk kompetensi.




Yaaa kalo bisa seh jadi orang pinter yang kaya raya  ^__^

Wednesday, November 30, 2011

PENDAFTARAN BLOG : ULTAH SEKOLAH SMP 2

Monday, November 28, 2011

Semua Tentang Windows 7

Tahukan Anda ada berapa macam pembagian Windows 7?
Berdasarkan license-nya windows 7 itu terdiri dari:

- Retail
Disebut dengan Full Package Product, karena dijual dalam bentuk kotak berisi DVD instaler Windows 7 dan sertifikat COA yang berbentuk stiker hologram yang berisi serial number sebagai bukti keaslian.
Serial Number Windows 7 versi RETAIL dapat digunakan berulangkali pada komputer yang sama.

- OEM
Windows ini biasa di jual dalam bentuk DVD, namun tidak dengan kotak sebagus versi RETAIL. Terdapat sertifikat COA dan serial number sebagai tanda keaslian Windows 7. Kelemahan versi ini adalah Serial Number hanya bisa digunaka sekali.

- MSDN (Microsoft Developer Network)
Windows 7 versi MSDN hanya dijual untuk perusahaan pengembang software. Windows ini memiliki isi dan fitur yang sama dengan versi yang ada dipasaran, hanya saja versi ini tidak diperjualbelikan.

- Volume Lincense
Versi ini dijual kepada perusahaan bukan pengembang software. Biasnya dibeli dalam jumlah banyak untuk kebutuhan komputer kantor.


Windows 7 Berdasarkan Edisi
 
- Starter
Windows untuk seluruh dunia. Biasanya sudah terinstal saat membeli komputer baru. Fitur utama untuk versi ini adalah Taskbar, Jump list, Windows Media Player, Backup & restore, Action Center, Device Stage, Play to, Fax, Scan dan Game sederhana. Kelemahan versi ini adalah tidak ada Aero glass, berbagai fitur modifikasi desktop, windows touch, media center, live thumbnail preview, home group creation, tidak ada Multi bahasa, maksimal RAM 2 GB serta tidak tersedia versi 64bit. Jika menggunakan versi Starter pengguna tidak bisa mengganti background desktop. Pengguna juga hanya bisa menjalankan 3 program sekaligus, namun keterbatasan ini sudah dihilangkan dan diganti dengan maksimal RAM sebesar 2 GB.

- Home Basic
Versi ini ditargetkan untuk wilayah tertentu saja seperti Indonesia. Fitur utama dari versi ini adalah Multiple monitor, fast user switching (berganti user), desktop wallpaper, desktop windows manager, network printing, internet connection sharing, sebagian windows aero.
Kelemahan versi ini adalah Tidak bisa membuat Homegroup baru, tidak disertakan DVD decoder ( MPEG-2 dan Dolby Digital), tanpa multi touch, premium games, Windows Media center, tidak ada Multi bahasa, dukungan Windows Aero tidah penuh.

- Home Premium

Ditargetkan untuk pengguna di seluruh dunia. Fitur utama dari versi ini adalah Aero Glass, Aero Background, Windows Touch, Membuat Home group baru, Media Center, DVD Playback dan pembuatan, premium games dan Mobility Center. Kelemahan versi ini adalah tidak bisa melakukan Domain join, Remote desktop host, backup dari jaringan, Encryption File System, Offline Folder.

- Professional

Dirancang untuk para expert dalam bidang IT. Fitur utama dari versi ini adalah Windows XP Mode, Domain Join, Remote desktop host, location aware printing, mobility center, presentation mode, offline folder. Kelemahan versi ini adalah tidak adanya BitLocker, BitLocker toGo, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI Language Pack, booting dari VHD. Kelebihan dari versi Profesional hampir sama dengan versi Ultimate, secara garis besar hanya fungsi BitLocker yang dihilangkan.

- Enterprise

Versi ini dirancang untuk para pebisnis atau suatu perusahan dengan Volume Lisensi. Fitur utama yang versi ini adalah BitLocker, BitLocker To Go, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI language packs, boot from VHD.

- Ultimate
Dirancang untu pengguna komputer yang menginginkan semua fitur Windows 7. Versi ini memiliki semua fitur dari versi sebelumnya, bisa dibilang Windows 7 versi Ultimate adalah versi paling lengkap.

Song of The Month... Download Rindu by Agnes


Lagu ini really inspiration of life, vibrate every heart that have a thousand mille from beloved man...how touch (aw aw aw aw....)

Perhatikan liriknya, dan download aje laguna :)
Download lagu Rindu - Agnes Monica

selama aku mencari, selama aku menanti
bayang-bayangmu di batas senja
matahari membakar rinduku
ku melayang terbang tinggi
*courtesy of readandtalk.blogspot.com
bersama mega-mega, menembus dinding waktu
ku terbaring dan pejamkan mata
dalam hati ku panggil namamu
semoga saja kau dengar dan merasakan

getaran di hatiku yang lama haus akan belaianmu
seperti saat dulu saat-saat pertama
kau dekap dan kau kecup bibir ini
dan kau bisikkan kata-kata aku cinta padamu

peluhku berjatuhan, menikmati sentuhan
perasaan yang teramat dalam
telah kau bawa segala yang ku punya
rindu ini telah sekian lama terpendam

getaran di hatiku yang lama haus akan belaianmu
seperti saat dulu saat-saat pertama
kau dekap dan kau kecup bibir ini
dan kau bisikkan kata-kata yeah aku cinta
kepadamu ooh kepadamu ooh


Tips and Trik Mengetik 10 Jari dengan Cepat


Berikut merupakan tips dan trik mengetik komputer menggunakan 10 jari dengan cepat :
1.    Tangan kiri mulai dari telunjuk sampai kelingking ditempatkan di sekitar tombol A, S, D dan F
2.    Tangan kanan mulai dari telunjuk sampai kelingking ditempatkan di sekitar huruf J, K dan L
3.    Tombol G dan H dikosongkan
4.    Ibu jari ada di tombol spasi (spacebar)
Untuk tugas setiap jari, bisa menggunakan trik berikut :
Tangan kiri :
  • Kelingking : QA
  • Jari manis : WSZ
  • Jari tengah : EDX
  • Jari telunjuk : RTFGCV
  • Ibu jari : spacebar
Tangan kanan :
  • Kelingking : P ; .
  • Jari manis : O L ,
  • Jari tengah : I K M
  • Jari telunjuk : Y U H J B N
  • Ibu jari : spacebar
 Selamat coba-coba ye... :)

Trik Update Status Kreatif di Facebook


Jika Anda ingin melakukan update status kosong di Facebook, Anda bisa mencoba  trik berikut :
1. Copy kode di samping : @[2:2: ]
2. Paste ke kolom status lalu klik tombol share/bagikan
Asyik juga :)

Download PTK TIK SMP (Penelitian Tindakan Kelas)


Setelah seharian browsing soal PTK, akhirnya saya berhasil mendapatkan beberapa contoh PTK. Saya hanya mencari contoh-contoh yang ada ini untuk menjadi inspirasi penelitian saya yang pertama, yang semoga akan selesai saya rilis (amiiin... nguarep tenan..) Tetapi, sesempit apapun waktu yang saya miliki, jelas untuk pembuatannya tidak mungkin di sekolah, karena memang membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi (halah..). Jane yo wis kemut2 mumet kie... tp gpp, tetep semangat, for the bright future :)
Untuk Anda yang ingin melihat-lihat contoh PTK, monggo dipun pirsani, tp seperti kata pepatah, not else but you, alias jangan njiplak :)

Download PTK TIK SMP_1

Download PTK TIK_2

Semoga tar kalo ketemu contoh lainnya, saya update disini :)

Tuesday, October 11, 2011

Mari Tes Psikologi Hubungan Cinta :)

ilustrations

Petunjuk utama :
  • Jangan membaca jawaban di bawahnya terlebih dulu.
  • Isi dulu sesuai instruksinya.
  • Baca baris per baris.
  • Orang yang memikirkan game ini,konon sesudah membaca mail ini, harapannya dapat terkabul
Berikut tes psikologi cinta yang cukup menarik, caranya :
1.    Siapkan bolpen dan kertas
2.    Tidak perlu lama dan banyak berpikir, tulis yang terlintas di benak pikiran Anda.
3.    Tulis angka 1 sampai sebelas di kertas Anda secara vertikal (atas ke bawah)
4.    Tulis angka yang paling Anda senangi (antara1- 11) di sebelah angka no.1 dan 2
5.    Tulis 2 nama orang (lawan jenis) yang Anda kenal, masing-masing di no.3 dan 7
6.    Tulis 3 nama orang yang Anda kenal di No.4, 5, dan 6 (boleh keluarga, teman, kenalan).
7.    Tulis judul lagu yang berbeda-beda di no.8, 9, 10 dan 11
8.    Terakhir, tulis permohonan Anda.
Jawabannya :
.........
........
.......
......
.....
....
...
..
.
1.    Anda harus memberitahu ke orang yang Anda tulis di No. 7 tentang tes ini.
2.    Orang yang Anda tulis di no.3 adalah orang yang Anda cintai.
3.    Orang yang Anda tulis di No.7 adalah orang yang Anda suka, tetapi bertepuk sebelah tangan.
4.    Orang yang Anda tulis di No.4 adalah orang yang Anda rasa paling penting bagi anda.
5.    Orang yang Anda tulis di No.5 adalah orang yang paling mengerti tentang Anda.
6.    Orang yang Anda tulis di No. 6 adalah orang yang membawa keberuntungan pada Anda.
7.    Lagu yang Anda tulis di no. 8 adalah lagu yang ditujukan untuk orang No.3
8.    Lagu yang Anda tulis di no.9 adalah lagu yang ditujukan untuk orang No.7
9.    Lagu yang Anda tulis di no.10 adalah lagu yang melukiskan apa yang ada di hati Anda.
10.    Terakhir, lagu yang Anda tulis di No.11 adalah lagu yang melukiskan hidup Anda.

Video OST Korean Drama



OST Secret Garden - Appear
Kisah Cinderela nan tomboy yang sukses mencuri hati pria super kaya... :)
kocak... walo yang maen ga cakep en ga cantik huehehe

Free Download Windows 8 Versi Preview

Sudah tak sabar ingin meng-install Microsoft Windows 8?

Kini Anda bisa meng-install software tersebut di mesin x86 berbasis 32 bit atau 64 bit. Tidak memerlukan aktivasi, namun masih jauh dari versi final sistem operasi tersebut. Jadi, ketika Anda meng-install-nya, maka akan masih banyak bug dan celah yang ada. Untuk men-download bisa di (msdn.microsoft.com/en-us/windows/home/)

Friday, December 3, 2010

Kata-Kata Bijak (English en Indonesia Version)

Kata Mutiara untuk Motivasi Hari ini :

Smile is the shortest distance between two people.
Senyum adalah jarak yang terdekat antara dua manusia .

Real power does not hit hard , but straight to the point.
Kekuatan yang sesungguhnya tidak memukul dengan keras , tetapi tepat sasaran

You have to endure caterpillars if you want to see butterflies. (Antoine De Saint)
Anda harus tahan terhadap ulat jika ingin dapat melihat kupu-kupu. (Antoine De Saint)

Only the man who is in the truth is a free man.
Hanya orang yang berada dalam kebenaranlah orang yang bebas.

Every dark light is followed by a light morning.
Malam yang gelap selalu diikuti pagi yang tenang.

Laughing is healthy, especially if you laugh about yourself.
Tertawa itu sehat, lebih-lebih jika mentertawakan diri sendiri.


The danger of small mistakes is that those mistakes are not always small.
Bahayanya kesalahan-kesalahan kecil adalah bahwa kesalahan-kesalahan itu tidak selalu kecil.
Kesalahan kecil bisa mengakibatkan kesalahan yang lebih besar. Bersamaan dengan kesalahan itu, persoalannya bisa menjadi besar pula. Maka kesalahan kecil pun harus segera dibetulkan.

To be silent is the biggest art in a conversation.
Sikap diam adalah seni yang terhebat dalam suatu pembicaraan.

The worst in the business world is the situation of no decision. (Napoleon).
Yang terparah dalam dunia usaha adalah keadaan tidak ada keputusan. (Napoleon).

Dig a well before you become thirsty.
Galilah sumur sebelum Anda merasa haus.

Good manners consist of small sacrifices.
Sopan – santun yang baik yang terdiri dari pengorbanan –pengorbanan kecil.

IDEAS ARE ONLY SEEDS, TO PICK THE CROPS NEEDS PERSPIRATION.
GAGASAN-GAGASAN HANYALAH BIBIT, MENUAI HASILNYA MEMBUTUHKAN KERINGAT.

LAZINESS MAKES A MAN SO SLOW THAT POV ERTY SOON OVERTAKE HIM.
KEMALASAN MEMBUAT SESEORANG BEGITU LAMBAN SEHINGGA KEMISKINAN SEGERA MENYUSUL.

THOSE WHO ARE ABLE TO CONTROL THEIR RAGE CAN CONQUER THEIR MOST SERIOUS ENEMY.
SIAPA YANG DAPAT MENAHAN MARAHNYA MAMPU MENGALAHKAN MUSUHNYA YANG PALING BERBAHAYA.

KNOWLEDGE AND SKILLS ARE TOOLS, THE WORKMAN IS CHARACTER.
PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN ADALAH ALAT, YANG MENENTUKAN SUKSES ADALAH TABIAT.

A HEALTHY MAN HAS A HUNDRED WISHES, A SICK MAN HAS ONLY ONE.
ORANG YANG SEHAT MEMPUNYAI SERATUS KEINGINAN, ORANG YANG SAKIT HANYA PUNYA SATU KEINGINAN

A MEDICAL DOCTOR MAKES ONE HEALTHY, THE NATURE CREATES THE HEALTH. (Aristoteles)
SEORANG DOKTER MENYEMBUHKAN, DAN ALAM YANG MENCIPTAKAN KESEHATAN. (Aristoteles)

THE MAN WHO SAYS HE NEVER HAS TIME IS THE LAZIEST MAN.(Lichtenberg)
ORANG YANG MENGATAKAN TIDAK PUNYA WAKTU ADALAH ORANG YANG PEMALAS.(Lichterberg)

POLITENESS IS THE OIL WHICH REDUCES THE FRICTION AGAINST EACH OTHER. (Demokritus).
SOPAN-SANTU ADALAH IBARAT MINYAK YANG MENGURANGI GESEKAN SATU DENGAN YANG LAIN. (Demokritus).

A DROP OF INK CAN MOVE A MILLION PEOPLE TO THINK.
SETETES TINTA BISA MENGGERAKAN SEJUTA MANUSIA UNTUK BERFIKIR.

WE CAN TAKE FROM OUR LIFE UP TO WHAT WE PUT TO IT.
APA YANG BISA KITA DAPAT DARI KEHIDUPAN KITA TERGANTUNG DARI APA YANG KITA MASUKKAN KE SITU.

REAL POWER DOES NOT HIT HARD, BUT STRAIGHT TO THE POINT.
KEKUATAN YANG SESUNGGUHNYA TIDAK MEMUKUL DENGAN KERAS, TETAPI TEPAT SASARAN

IF YOU LEAVE EVERYTHING TO YOUR GOOD LUCK, THEN YOU MAKE YOUR LIFE A LOTTERY.
JIKA ANDA MENGANTUNGKAN DIRI PADA KEBERUNTUNGAN SAJA, ANDA MEMBUAT HIDUP ANDA SEPERTI LOTERE.

REAL POWER DOES NOT HIT HARD, BUT STRAIGHT TO THE POINT.
KEKUATAN YANG SESUNGGUHNYA TIDAK MEMUKUL DENGAN KERAS, TETAPI TEPAT SASARAN.

BEING CAREFUL IN JUDGING AN OPINION IS A SIGN OF WISDOM.
KEHATI-HATIAN DALAM MENILAI PENDAPAT ORANG ADALAH CIRI KEMATANGAN JIWA.

YOU RECOGNIZE BIRDS FROM THEIR SINGGING, YOU DO PEOPLE FROM THEIR TALKS.
BURUNG DIKENAL DARI NYANYIANNYA, MANUSIA DARI KATA-KATANYA.

ONE OUNCE OF PREVENT IS EQUAL TO ONE POUND OF MEDICINE.
SATU ONS PENCEGAHAN SAMA NILAINYA DENGAN SATU PON OBAT.


jangan pernah berkata 'I LOVE YOU' klo kamu x pduli,
jangan pernah membicarakan perasaan yang xPERNAH ada,
jangan PERNAH menyentuh idup seseorang kalo hal itu akan menghancurkan hatinya,
jangan pernah menatap matanya kalo semua yang kamu lakukan hanya BOHONG belaka,
hal paling kejam yang seseorang lakukan adalah membiarkannya JATUH CINTA,
sementara kamu x berniat menyambutnya......

"Special someone i cant replace, i love u always will..

"Few millions flowers in the world. All flowers are is not beautiful. For my eyes you only beautiful..

"A memory lasts forever, never does it die, true lovers stay together and never said goodbye, do not say goodbye to me my sweetheart..

"Tell me if you love me, tell me if its true, let me be yours forever love for ever..

"If you life to be 100 years. I want to live to be 100 years, minus one day, so i never have to live without you, i cant live with out you..

"Do you love me becouse i am beautiful, or i am beautiful becouse you love me..

"Flowers will die, sun will set, ur a friend i'll never forget, ur name is so precious and wont grow old, and is engraved in my heart is letter of gold..

"Sex without love is an empty experience, but as empty experiences go it's one of the best in the world..

"In the game of love, there will be good times, and there be good times. And the will be bad times, both are inevitable..

"All you need is love give me to chance to love U my sweet heart..

"We can do no great things, only small things with great love..

"The greates science in the world: in heaven and on eart : is love

"Fear less, hope more, eat less, chew more, whine less, breathe more, talk less good for U, love more and all good things will be yours..

"We are, each of us angels with only one wing, and we can only fly by embracing one another. You want to become angel? Come i wil5 give my wing love U, so much..

"Where there is great love there are always miracles, so come and join with me..

"True love never lives happily ever after, true love has no ending..

"Today where we can meet? I want to give my love heart to you, becoz i love u..

"Love the heart that hurts you, but never hurt the heart that loves you. Please don't hurt my heart..

"Dear cute.. Love is the best medicine, and there is more than enough to go around once you open your heart.. Open your heart for me with love..

"Open the window and se the moon light i know u feel sleepy, good bye and good night..

"Looking at the stars so bright you are always on my mind, looking at the moon i feel so blue, i'll hardly stand the night without U..

"The sun set softly, another night have come you breath so calmly, slowly, your face exides charm..

"I realized it today i will love you forever, even if you love me never i love you i really now, because it's so hard to let go..

"There are two things in the world which make me wake up: the alarm, clock and your name..

"I wish to wake up everyday and see you're with me, you're near.. But it's just a dream.. I just only can say.. Good morning my dear..

"It was a day when i saw no chance of being happy but when you came into my life my heart is shining again.

"A new day hay begun but i already miss U, you are my little sun, you are my charming princess.

"Do You believe in love, lasting forever? Do you believe in us, always together? Tell me.. Tell me please.. Look into my eyes.. Do you believe, do you see, i'm not like other guys

"You are my angel that i'll never be able to live without you are the only girl i can think about..

Baby girl i'm so happy that you stayed with me, you promised to love me forever and that's all i need..

"The day i met U, you took my breath away, i might not get to heaven, but that's ok. Coz i walked with one of his angels that day..

"My darling, look at the sky..
Do you see the stars shining?
Listen.. Each of them is whispering how i do love you!